Pengaruh Bahan Baku dan Jam Operasional Pabrik Tahu UD Jamhari terhadap Eksternalitas (Positif dan Negatif) di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Rohmawati, Laily Khofifah (2022) Pengaruh Bahan Baku dan Jam Operasional Pabrik Tahu UD Jamhari terhadap Eksternalitas (Positif dan Negatif) di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LAILY KHOFIFAH R WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Laily Khofifah Rohmawati, Dr. Khairunnisa Musari, M.MT 2022: Pengaruh Bahan Baku dan Jam Operasional Pabrik Tahu UD. Jamhari Terhadap Eksternalitas (Positif dan Negatif) di Desa Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.
Pabrik tahu adalah perusahaan. yang bersifat industri, dimana industri ialah perusahaan yang menarik suatu. barang yang .nantinya akan dijadikan atau dikeluarkan pada bentuk lain atau barang jadi. Perusahaan industri saat ini sangat mempengaruhi pergerakan ekonomi negara, dikarenakan telah membentuk lapangan kerja baru dan diminati masyarakat. Tujuan diselenggarakan perindustrian yaitu guna untuk menaikkan kemakmuran serta kesejahteraaan. masyarakat secara berkeadilan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Seberapa besar pengaruh bahan baku Pabrik Tahu UD. Jamhari terhadap eksternalitas (positif dan negatif) di Desa Gebang, Kecamatan Patrang, Jember?, (2) Seberapa besar pengaruh jam operasional Pabrik Tahu UD. Jamhari terhadap eksternalitas (positif dan negatif) di Desa Gebang, Kecamatan Patrang, Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh bahan baku Pabrik Tahu UD. Jamhari terhadap eksternalitas (positif dan negatif) di Desa Gebang, Kecamatan Patrang, Jember?, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh jam operasional Pabrik Tahu UD. Jamhari terhadap eksternalitas (positif dan negatif) di Desa Gebang, Kecamatan Patrang, Jember.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian aksidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda. Berdasarkan uji t dan uji f dapat dilihat bahwa bahan baku dan jam operasional bepengaruh signifikan positif secara bersama-sama dan memiliki hubungan determinasi terhadap eksternalitas (positif dan negatif). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan uji t ditunjukkan dengan nilai t hitung dan tabel, bahan baku sebesar 2,246>2,073 jam operasional 4,097>2,073. Berdasarkan uji f 25,751>3.42. Berdasarkan uji R2 sebesar 0,673 atau 67,3% dan sisanya 32,7 % dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Kata Kunci: Bahan Baku, Jam Operasional dan Eksternalitas (Positif dan Negatif)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Laily Khofifah Rohmawati
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:05
Last Modified: 06 Jan 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16570

Actions (login required)

View Item View Item