Ilmiyah, Jamilatul (2022) Implementasi Strategi Bauran Promosi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Jamilatul Ilmiyah_T20183054.pdf Download (3MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan merupakan suatu organisasi yang menghasilkan jasa
yang kemudian jasa dari lembaga pendidikan dibeli oleh konsumen yaitu
masyarakat.Oleh karena itu kegiatan pemasaran atau promosi sangat diperlukan
dalam sekolah terutama dalam kegiatan penerimaan siswa baru.Pentingnya
mempromosikan sekolah sehingga membutuhkan strategi khusus agar promosi
dapat berjalan lancar, karena dengan promosi yang tepat dan efektif maka sebuah
sekolah dapat menarik calon siswa dan sekolah bisa mendapatkan siswa sesuai
dengan harapan sekolah.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan
strategi bauran promosi dalam penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah
Negeri 1 Jember?; 2) Bagaimana pelaksanaan strategi bauran promosi dalam
penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?; 3)
Bagaimana evaluasi strategi bauran promosi dalam penerimaan peserta didik baru
di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi bauran promosi
dalam penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Adapun
teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang
meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan strategi bauran
promosi penerimaan peserta didik baru meliputi: analisis kebutuhan, penyusunan
program, dan mengadakan rapat koordinasi Madrasah. 2) Pelaksanaan strategi
bauran promosi penerimaan peserta didik baru meliputi: periklanan, personal
selling, publisitas dan sales promotion. 3) Evaluasi strategi bauran promosi
penerimaan peserta didik baru meliputi: evaluasi periklanan, evaluasi personal
selling, evaluasi publisitas/hubungan masyarakat, dan evaluasi sales promotion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Jamilatul Ilmiyah |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 08:30 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 08:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16587 |
Actions (login required)
View Item |