Strategi Komunikasi Bisnis Pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Mempertahankan Eksistensi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Mojokerto

Nuriyahsari, Nisa Maharani Putri Pratama (2023) Strategi Komunikasi Bisnis Pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Mempertahankan Eksistensi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nisa Maharani Putri Pratama Nuriyahsari_D20181013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada masa pandemi covid-19, kehidupan manusia menjadi terhambat baik dari segala bidang salah satunya perekonomian. Dibidang perekonomian contohnya seperti pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) industri alas kaki di Kota Mojokerto yaitu Usaha Dagang Perdana dan Athyyah. Pengusaha kesulitan mendapatkan bahan baku, pangsa pasar menurun, kepercayaan masyarakat menurun, dan hilangnya mitra bisnis sehingga mengakibatkan menurunnya omzet secara drastis bahkan tidak beroperasi beberapa bulan. Oleh karena itu, perlunya strategi komunikasi bisnis untuk mencapai tujuan yaitu agar bisa beroperasi kembali dan menstabilkan penjualan atau tidak turun secara drastis.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana upaya Pengusaha UMKM membangun komunikasi dengan mitra bisnisnya dalam mempertahankan eksistensi pada masa pandemi covid-19 di Kota Mojokerto? 2) Bagaimana strategi komunikasi bisnis Pengusaha UMKM dalam mempertahankan eksistensi pada masa pandemi covid-19 di Kota mojokerto? dan 3) apa saja faktor yang menghambat Pengusaha UMKM dalam mempertahankan eksistensi pada masa pandemi covid-19 di Kota Mojokerto?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya Pengusaha UMKM dalam mempertahankan eksistensi pada masa pandemi covid-19 di Kota Mojokerto; 2) Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi bisnis Pengusaha UMKM dalam mempertahankan eksistensi pada masa pandemi covid-19 di Kota Mojokerto dan 3) Untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat Pengusaha UMKM dalam mempertahankan eksistensi pada masa pandemi covid-19 di Kota Mojokerto.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Upaya pengusaha UMKM membangun komunikasi dengan mitra bisnisnya melalui komunikasi bisnis yaitu perubahan pengetahuan, perhatian, dan perilaku 2) Strategi komunikasi bisnis pengusaha UMKM yaitu melalui strategi marketing mix. Strategi product berupa inovasi merek dan jenis baru pada UD Athyyah sedangkan pada UD Perdana inovasi merek, model dan tipe baru, strategi price lebih murah jika mengambil langsung di lokasi, strategi promotion menggunakan periklanan digital pada UD Athyyah sedangkan pada UD Perdana menggunakan personal selling, strategi place berupa fleksibilitas dalam distribusi maupun pengambilan barang secara langsung. dan 3) Faktor yang menghambat yaitu pangsa pasar, kebijakan pemerintah, perubahan sosial, dan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Depositing User: Miss Nisa Maharani Putri Pratama Nuriyahsari Nisa
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:35
Last Modified: 06 Jan 2023 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16605

Actions (login required)

View Item View Item