Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Jember (pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kabupaten Jember)

Umam, Fahrul Khoirul (2022) Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Jember (pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq.

[img] Text
Fahrul Khoirul Umam_E20183132.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nama: Fahrul Khorul Umam, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, SE., MM
Laporan Laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan dan menyajikan posisi keuangan suatu perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Pelaporan keuangan yang berkualitas membutuhkan empat karakteristik: relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan secara parsal dan secara simultan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah Kompetensi Sumber Daya Manusia secara parsial berpengaruh erhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah? (2) Apakah Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah secara parsial berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah? (3) Apakah kedua variabel secara simultan berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah?
Penelitian ini dilakukan dengan metode menyebarkan kuisioner yang disebar di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Sample yang diambil berjumlah 61 responden dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui kuisioner penelitian yang dibagikan keada resonden penelitian. Analisis yang digunakan adalah rgresi linier sederhana dan regresi linier bergada.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah: (1) variabel Kompetensi Sumber Daya Manusia (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap variabel Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Y) (2) variabel Penerapan Sistem Akuntasnsi Keuangan Daerah (X2) memiliki pengaruh terbesar secara parsial terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Y) terakhir (3) variabel Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah secara simultan berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Umam Fahrul Khoirul Umam Umam
Date Deposited: 11 Jan 2023 09:23
Last Modified: 11 Jan 2023 09:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item View Item