Desain Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Hasanah, Nur Asiyah (2022) Desain Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Asiyah Hasanah_T20183065.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nur Asiyah Hasanah, 2022: Desain Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Desain Kegiatan Ekstrakurikuler, Pendidikan Karakter

Penanaman pendidikan karakter memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian peserta didik diantaranya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan madrasah dalam rangka melengkapi pembangunan manusia seutuhnya, pembentukan kepribadian siswa. Madrasah Ashri Jember merupakan salah satu madrasah yang siswanya hanya perempuan saja. Penerapan kegiatan ekstrakurikuler juga terdapat di Madrasah Aliyah Ashri Jember yang penerapan kegiatan ekstrakurikuler yang ditujukan seluruh siswa.
Fokus penelitian ini antara lain, 1) Bagaimana perencanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023?, 2. Bagaimana pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023?, 3) Bagaimana pengendalian Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023?
Penelitian ini bertujuan yakni menemukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan phenomenological research. Penentuan subyek penelitian dengan purposive. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Adapun hasil dari penetilian ini adalah Pertama, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023 dilaksanakan dalam bentuk penyusunan program kegiatan ekskurikuler yang selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaannya yang mengacu pada identifikasi kebutuhan, potensi, dan minat peserta didik; menetapkan bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan; mengupayakan sumber daya (pelatih/instruktur); dan menyusun program kegiatan ekstrakurikuler; Kedua, pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023 menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan; Ketiga, Pengendalian kegiatan ekastrakurikuler di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Ajaran 2022/2023 dilakukan 2 kali yakni setiap tanggal 15 setiap bulannya dan setiap akhir tahun ajaran. Adapun yang di pengendalian diantaranya menentukan standar kualitas pekerjaan; mengukur dan menilai kegiatan-kegiatan atas dasar tujuan dan standar yang ditetapkan; memutuskan dan mengadakan tindakan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Asiyah Hasanah
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:11
Last Modified: 19 Jan 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item