IMAM MUSLIM, 084101208 (2016) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KENCONG 03 KELAS IV SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
cover.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
Imam Muslim, 2015 : Implementasi Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran
PAI Kelas IV Di SD Negeri Kencong 03 Semester Genap Tahun Pelajaran
2014/2015.
Dalam proses pembelajaran guru harus menggunakn metode agar
pembelajaran berjalan dengan baik, salah satu metode itu adalah inkuiri.
Implementasi metode inkuiri adalah salah satu alternatif yang digunakan guru
dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode
inkuiri merupakan metode yang dapat membawa anak ke arah berpikir logis, kritis
dan terara.
Fokus penelitian yang diteliti ini adalah: 1)Bagaimana implementasi
metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri kencong 03
semester genap tahun pelajaran 2014/2015? 2)Bagaimana strategi dari
implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri
kencong 03 semester genap tahun pelajaran 2014/2015? 3)Bagaimana hasil dari
implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri
kencong 03 semester genap tahun pelajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
pelaksananaan, strategi yang digunakan dan hasil dari penerapan metode inkuiri
pada mata pelajaran PAI kelas IV semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan informan: Kepala
Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru kelas dan Peserta didik. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan
yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi
data atau penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data yang digunakan dalam
penelitian ini dengan teknik triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1)Implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV sudah
dilaksanakan. Sebab proses pembelajaran tidak hanya terpaku oleh ceramah guru
namun siswa juga akan terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa dituntut untuk
lebih aktif dalam pembelajaran dan dilatih untuk dapat memecahkan persoalan
dengan berpikir kritis dan menarik suatu kesimpulan dari materi pembelajaran. (2)Strategi Implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV,. Bahwa
strategi dari implementasi inkuiri yang diterapkan memberikan hal yang positif,
Strategi pembelajaran inkuiri menekankan kepada proses mencari dan
menemukan, sebab materi pelajaran tidak diberikan secara langsung, (3)Hasil
dari implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV, hasil dari
implementasi metode inkuiri ini siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan dari
sekolah saja, namun siswa juga memperoleh pengetahuan dari temuan-temuan
seperti di lingkungan sekitar, tempat ngaji, tempat bermain dan media-media yang
ada.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inkuiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 01:56 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 01:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |