Analisis Penggunaan Telemarketing dalam Pengembangan Customer relationship pada Pelanggan Produk IndiHome di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Wilayah Usaha Telekomunikasi Jember

Balqist, Betari Regina (2022) Analisis Penggunaan Telemarketing dalam Pengembangan Customer relationship pada Pelanggan Produk IndiHome di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Wilayah Usaha Telekomunikasi Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Betari Regina Balqist_20182315.pdf

Download (4MB)

Abstract

Betari Regina Balqist, 2022: Analisis Penggunaan Telemarketing dalam Mengembangkan Customer relationship pada Produk IndiHome di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Wilayah Usaha Telekomunikasi Jember.
International Telecommunication Union (ITU) menyatakan, pengguna internet bertumbuh pesat dari tahun 2005 hingga sekarang, karena dengan internet mempermudah akses setiap orang untuk mendapat apapun yang mereka butuhkan, seperti update berita terkini, mendapat hiburan, membuka lapak untuk menghasilkan uang, serta melakukan transaksi pembayaran dll, sehingga jaringan internet (WiFi) menjadi sarana yang penting dan padat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal demikian membuat semakin banyaknya bisnis provider internet baru yang berlomba-lomba memberikan keunggulan produk untuk mendapat konsumen baru. Persaingan yang dirasakan oleh PT Telkom Indonesia, Tbk. sebagai salah satu penyedia layanan internet (internet service provider) pun semakin kompetitif. Banyaknya kompetitor, menjadi salah satu pemicu tingkat kehilangan pelanggan. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Telkom khususnya Witel Jember terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberi kepuasan pemakaian produk melalui telemarketing. Strategi ini tidak hanya untuk meningkatkan angka penjualan saja, namun juga ditujukan kepada pelanggan Telkom untuk mengembangkan customer relationship agar para pelanggannya tidak berpindah pada kompetitor bisnis serupa.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik telemarketing untuk menciptakan loyalitas pelanggan di Unit Customer Care Telkom Witel Jember?, 2) Bagaimana peran telemarketing dalam mengembangkan customer relationship di Telkom Witel Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui praktik telemarketing untuk menciptakan loyalitas pelanggan di Unit Customer Care Telkom Witel Jember, 2) Mengetahui peran telemarketing dalam mengembangkan customer relationship di Telkom Witel Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data deskriptif, serta teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, 1) praktik telemarketing dalam menciptakan loyalitas pelanggan di Witel Jember sangat membantu dan mempermudah pihak perusahaan terkoneksi dengan para pelanggannya untuk melakukan penawaran produk, memberi pelayanan serta menerima dan menyelesaikan keluhan, sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan dalam pemakaiannya. 2) peran telemarketing mampu mengembangkan customer relationship dengan melakukan interaksi secara berkala, dan dapat membantu pihak perusahaan untuk terus berinovasi dari segala informasi dan pengaduan yang diserap dari para pelanggan, sehingga pelanggan mendapat kenyamanan pemakaian produk secara terus menerus.

Kata kunci: Telemarketing, Loyalitas Pelanggan, Customer relationship.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Betari Regina
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:31
Last Modified: 13 Jan 2023 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16996

Actions (login required)

View Item View Item