Analisis Risiko Operasional pada Distribusi Batu Bata Merah di Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember

Maryamah, Siti (2023) Analisis Risiko Operasional pada Distribusi Batu Bata Merah di Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
skripsi_Maryam wtr.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Maryamah, Dr. Retna Anggitaningsih,S.E., M.M. 2022 : Analisis Risiko Operasional pada Distribusi Batu Bata Merah Di Desa Suberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.
Distribusi adalah organisasi-organisasi yang saling tergantung yang tercakup dalam proses membuat produk atau jasa menjadi tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya proyek kontruksi yang memanfaatkan batu bata merah sebagai material dinding pada pembangunan gedung dan perumahan, pagar, saluran serta pondasi. Di Desa Sumberdanti itu sendiri merupakan centra pembuatan batu bata merah yang lumayan besar di Jember. Karna disana masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai pengrajin batu bata sehingga distribusi yang dilakukan lebih sering.
Berdasarkan latar belakang dia atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu : 1. Bagaimana Risiko Operasional yang terjadi pada Distribusi Batu Bata Merah di Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?, 2. Bagaimana Pengendalian Risiko Operasional pada Distribusi Batu Bata Merah di Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?.
Sesuai fokus penelitian, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini. Tujuan tersebut antara lain Untuk mengetahui Risiko Operasional yang terjadi pada Distribusi Batu Bata Merah di Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember, Untuk mengetahui Pengendalian Risiko Operasional pada Distribusi Batu Bata Merah di Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.
Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap usaha batu bata merah di desa sumberdanti kecamatan sukowono kabupaten jember, ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu faktor cuaca (musim penghujan) yang menghambat pengeringan batu bata, dan cara pemasaran yang masih tradisional dan ketersediaan bahan baku yang mahal.Dampak dari usaha batu bata bagi perekonomian masyarkat di Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember memberikan dampak positif karena dapat sebagai penopang biaya hidup seperti untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan untuk biaya tambahan pendidikan anak sekolah, disamping itu usaha tersebut menjadi jalan alternative untuk terhindar dari pengangguran.
Kata kunci :Risiko Operasional, Distribusi, dan Batu Bata Merah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Siti Maryamah
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:18
Last Modified: 13 Jan 2023 00:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17090

Actions (login required)

View Item View Item