IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM MEMUDAHKAN SANTRI MEMAHAMI KITAB FATHUL QARIB DI PONDOK PESANTREN ISLAM NYAI ZAINAB SHIDDIQ JEMBER

Wahyuni, Sri (2022) IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM MEMUDAHKAN SANTRI MEMAHAMI KITAB FATHUL QARIB DI PONDOK PESANTREN ISLAM NYAI ZAINAB SHIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SRI WAHYUNI_T20181352.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran kitab Fathul Qorib diterapkan di pondok pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq, dimana dalam pembelajarannya membahas seputar hukum-hukum fikih Islam, yang mana nantinya akan diterapkan di masyarakat. Dalam sistem pembelajarannya, bukan hanya menggunakan sistem bandongan (mendengarkan) saja, akan tetapi disini seorang santri di tuntut untuk bisa memahami serta mengaplikasikannya bahkan dianjurkan untuk bisa membaca kitab secara langsung dan menjelaskan isi dari kitab tersebut. Adapun proses pendekatan pembelajaran diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, jadi pembelajaran akan maksimal jika dari ketiga proses tersebut sudah terlaksana.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember? (2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember? (3) Bagaimana Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Bagaimana Perencanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember. (2) Untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember. (3) Untuk mengetahui Bagaimana Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil temuan penelitian ini yaitu 1). Perencanaan Metode Bandongan yaitu: a). Penyusunan jadwal pembelajaran penentuan jadwal ini disepakati oleh segenap elemen pesantren. Yakni, satu kali dalam seminggu yaitu hari rabu. b). Persiapan ustadzah untuk ustadzah berisi target-targer materi kitab yang harus dicapai. c). Persiapan santri untuk persiapan santri mempersiapkan materi yang akan dibahas. 2). Pelaksanaan Metode Bandongan yaitu: a). Penguasaan materi hal utama yang perlu dikuasai yaitu, santri bisa memahami dan membaca serta menjelaskan materi yang diterapkan. b). Metode pembelajaran kitab metode yang digunakan yaitu metode bandongan.. 3). Kemampuan santri dalam memahami kitab Fathul Qorib yaitu: Evaluasi yang berisi tes tertulis, indicator pencapaian dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Bandongan, Memudahkan Santri Memahami Kitab Fathul Qarib
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170204 Linguistic Processes (incl. Speech Production and Comprehension)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Wahyuni Sri
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:05
Last Modified: 13 Jan 2023 01:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item View Item