Wahyuni, Sri (2022) IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM MEMUDAHKAN SANTRI MEMAHAMI KITAB FATHUL QARIB DI PONDOK PESANTREN ISLAM NYAI ZAINAB SHIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
SRI WAHYUNI_T20181352.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran kitab Fathul Qorib diterapkan di pondok pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq, dimana dalam pembelajarannya membahas seputar hukum-hukum fikih Islam, yang mana nantinya akan diterapkan di masyarakat. Dalam sistem pembelajarannya, bukan hanya menggunakan sistem bandongan (mendengarkan) saja, akan tetapi disini seorang santri di tuntut untuk bisa memahami serta mengaplikasikannya bahkan dianjurkan untuk bisa membaca kitab secara langsung dan menjelaskan isi dari kitab tersebut. Adapun proses pendekatan pembelajaran diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, jadi pembelajaran akan maksimal jika dari ketiga proses tersebut sudah terlaksana.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember? (2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember? (3) Bagaimana Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Bagaimana Perencanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember. (2) Untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Metode Bandongan di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember. (3) Untuk mengetahui Bagaimana Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Islam Nyai Zainab Shiddiq Jember.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil temuan penelitian ini yaitu 1). Perencanaan Metode Bandongan yaitu: a). Penyusunan jadwal pembelajaran penentuan jadwal ini disepakati oleh segenap elemen pesantren. Yakni, satu kali dalam seminggu yaitu hari rabu. b). Persiapan ustadzah untuk ustadzah berisi target-targer materi kitab yang harus dicapai. c). Persiapan santri untuk persiapan santri mempersiapkan materi yang akan dibahas. 2). Pelaksanaan Metode Bandongan yaitu: a). Penguasaan materi hal utama yang perlu dikuasai yaitu, santri bisa memahami dan membaca serta menjelaskan materi yang diterapkan. b). Metode pembelajaran kitab metode yang digunakan yaitu metode bandongan.. 3). Kemampuan santri dalam memahami kitab Fathul Qorib yaitu: Evaluasi yang berisi tes tertulis, indicator pencapaian dan tes lisan.
Actions (login required)
View Item |