OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMRAH PT NUR HARAMAIN MULIA KRAKSAAN PROBOLINGGO

Muayyinah, Zeiniye Al (2023) OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMRAH PT NUR HARAMAIN MULIA KRAKSAAN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Zeiniye Al Muayyinah_D20184041.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT Nur Haramain Mulia menangani bimbingan haji reguler sejak tahun
2002, meskipun tertua di Kabupaten Probolinggo akan tetapi bukanlah yang lebih
maju karena ada keterlambatan menerapkan media sosial akan tetapi PT Nur
Haramain Mulia terus berinovasi dengan mengembangkan melalui digital
marketing.
Penelitian ini difokuskan pada tiga hal yaitu: 1). Bagaimana pengelolaan
digital marketing dalam meningkatkan jumlah konsumen di PT Nur Haramain
Mulia? 2). Bagaimana cara optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan
jumlah konsumen di PT Nur Haramain Mulia? 3). Apa saja faktor pendukung dan
penghambat proses digital marketing dalam meningkatkan jumlah konsumen PT
Nur Haramain Mulia.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui cara pengelolaan digital
marketing meningkatkan jumlah konsumen di PT Nur Haramain Mulia 2).
Mengetahui cara optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan jumlah
konsumen di PT Nur Haramain Mulia 3). Mengetahui faktor pendukung dan
penghambat proses digital marketing dalam meningkatkan jumlah konsumen PT
Nur Haramain Mulia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan
yaitu deskriptif. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan
digital marketing dalam meningkatkan jumlah konsumen yaitu melalui beberapa
tahapan, tahap pertama yaitu perencanaan yang disesuaikan dengan arahan dari
direktur kemudian dibreakdown lalu diproses dan dibahas oleh divisi pemasaran,
tahap kedua yakni pengawasan dan tahap terakhir ialah evaluasi dari setiap konten
yang dinilai kurang baik dari segi interaksi maupun konten itu sendiri. 2)
Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan jumlah konsumen calon
jamaah haji dan umroh melalui pengelolaan media digital terencana dan tersusun
dengan baik, serta dapat konsisten dalam mengupload konten dan dapat melayani
konsemun dengan ramah. 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam
meningkatkan jumlah konsumen sebagai berikut. a) Adapun faktor
pendukungnya, mudahnya akses media sosial, minimnya biaya promosi pada
media. b) Adapun faktor penghambatnya sebagai berikut: Minimnya sumber daya
manusia dan kontrolnya tergolong lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100506 Optical Fibre Communications
Depositing User: zeiniye al muayyinah
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:18
Last Modified: 16 Jan 2023 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item View Item