MANAJEMEN STRATEGI MAJELIS BIMBINGAN AL-QUR’AN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI BIDANG AL-QUR’AN

Lukman, Nur muhammad MANAJEMEN STRATEGI MAJELIS BIMBINGAN AL-QUR’AN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI BIDANG AL-QUR’AN. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
SKRIPSI NUR M LUKMAN, REVISI SIDANG Word.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Strategi, Prestasi Belajar, Bimbingan Al-Qur‟an
Pendidikan Al-Qur‟an sudah seharusnya diberikan sejak sedini mungkin pada setiap umat islam. Pendidikan Al-Qur‟an bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca, menulis memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur‟an. Akan tetapi tidak semua orang tua mampu mengajarkan kepada anak-anaknya, dengan berbagai keterbatasan tersebut orang tua membutuhkan bantuan pihak luar dalam pendidikan anaknya seperti lembaga pendidikan Qur‟an (LPQ) maupun pondok pesantren. Maka dari itu LPQ sebagai salah satu lembaga yang mengajarkan pendidikan Qur‟an pasti memiliki strategi khusus yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur‟an, dengan begitu diharapkan dapat menghasilkan generasi penerus yang baik, berilmu dan berahlaqul karimah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen strategi Majelis Bimbingan Al-Qur‟an Darussalam Blokagung Banyuwangi dalam meningkatkan prestasi belajar santri di bidang Al-Qur‟an?, 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen strategi Majelis Bimbingan Al -Qur‟an Darussalam Blokagung Banyuwangi dalam meningkatkan prestasi belajar santri di bidang Al-Qur‟an?, 3) Bagaimana evaluasi Majelis Bimbingan Al-Qur‟an Darussalam Blokaguung Banyuwangi dalam meningkatkan prestasi belajar santri di bidang Al-Qur‟an. Adapun tujuan peneletian ini ialah untuk mendeskripsikan manajemen strategi Lembaga Majelis Bimbingan Al-Qur‟an Darussalam Blokagung Banyuwangi dalam membentuk prestasi belajar santri di bidang Al- Qur‟an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya: 1) Perencanaan meliputi, analisis kebutuhan santri, pembuatan visi misi dan membuat program kerja harian bulanan maupun tahunan, yang terakhir adalah pembagian tugas dan wewenang. 2) Pelaksanaan meliputi, pengelompokan santri dengan ustad pembimbingnya masing masing, pembagian program bimbingan jilid dan bimbingan Al-Qur‟an, pemberian materi jilid terdiri dari jilid satu sampai tujuh, materi Al-Qur‟an meliputi: fasohah, tartil, suroh pendek, do‟a harian, hadist, tajwid, tahsinul kitabah, ghoroibul Qur‟an, praktik wudlu dan praktik sholat. Materi tersebut diberikan secara bertahap setiap satu bulan sekali. 3) Evaluasi dilakukan setiap satu bulan sekali yaitu tashih kenaikan jilid sedangkan evaluasi bimbingan Al- Qur‟an dilakukan sebanyak tujuh kali, yaitu lima kali evaluasi lembaga, satu kali evaluasi paripurna dan evaluasi terakhir ujian akhir santri.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Lukman Nur Muhammad
Date Deposited: 14 Jan 2023 09:10
Last Modified: 14 Jan 2023 09:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17518

Actions (login required)

View Item View Item