Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Smart Village Di Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang

Tiwi, Fadilah (2023) Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Smart Village Di Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WM TIWI F.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tiwi Fadilah: Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Smart Village di Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang
Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Smart Village, Pemerintahan Desa
Istilah smart village atau yang bisa disebut desa cerdas merupakan rangkaian dari program universal service obligation (USO). Program ini berfungsi sebagai sarana unuk memperkenalkan bidang information and communication technology (ICT) pada masyarakat, terutama pada peningkatan produktivitas dan perekonomian di daerah. Sehingga pemerintah melakukan perekrutan desa untuk penentuan desa pintar atau smart village khususnya pemetintah Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) yang telah menobatkan 5 desa smart village salah satunya Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses tahapan pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani. 2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani. 3) Apa saja tantangan dalam pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani. Berdasarkan Fokus masalah tersebut peneliti bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses tahapan pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani. 2) Mengetahui perubahan pada masyarakat dengan adanya smart village di Desa Ranupani. 3) Mengetahui tantangan dalam pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data sertaverivikasi data. Dan untuk teknik keabsahan data menggunakan tiga jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi teori.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses tahapan pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani yakni ada tiga proses tahapan yang dilaksanakan, seperti tahap persiapan, perencanaan, dan sosialisasi. 2) Hasil proses tahapan pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani yakni smart governance pada pelayanan masyarakat serta smart economy pada ekonomi masyarakat. 3) Tantangan pemberdayaan masyarakat berbasis smart village di Desa Ranupani yakni pada faktor pendukung digitalisasi desa dan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: MISS TIWI FADILAH
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:51
Last Modified: 16 Jan 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17659

Actions (login required)

View Item View Item