STRATEGI BIMBINGAN USTADZ FAJAR DALAM MENANGANI KELUARGA BROKEN HOME DESA TEGALWARU KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

-, Ponantin (2023) STRATEGI BIMBINGAN USTADZ FAJAR DALAM MENANGANI KELUARGA BROKEN HOME DESA TEGALWARU KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PONANTIN_D20153045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang berperan penting yang didalamnya terdiri dari ayah, ibu dan anak, yang mana setiap ada anggotanya memiliki peran masing-masing. Apabila dalam anggota keluarga yang tidak menjalankan perannya maka dapat memicu timbulnya keretakan dalam keluarga tersebut. Dengan demikian bimbingan keluarga broken home diperlukan untuk menangani permasalahan keluarga di Desa Tegalwaru
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1. Faktor apa sajakah yang menjadi penyebab keluarga broken home dalam bimbingan Ustadz Fajar? 2.Strategi bimbingan apa yang digunakan Ustadz Fajar untuk menangani keluarga Broken Home?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja yang menjadi faktor penyebab keluarga broken home dalam bimbingan ustadz Fajar dan mendeskripsikan strategi bimbingan apa yang diberikan Ustadz Fajar dalam menangani keluarga broken home di Desa Tegalwaru.
Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskripstif dengan rancangan jenis field research . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposife. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab keluarga broken home di desa Tegalwaru bimbingan Ustadz Fajar yaitu masalah ekonomi, masalah perselingkuhan dan masalah kurang saling menghargai. Upaya bimbingan yang dilakukan Ustadz Fajar adalah dengan cara memberi nasihat kepada keluarga broken home dan melakukan pendekatan Individu keseluruh anggota keluarga yang mengalami keretakan rumah tangga guna untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Depositing User: Miss Ponantin Pon
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:28
Last Modified: 19 Jan 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item View Item