Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung Jember

M. Rifqi, Aminul M (2023) Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. RIFQI AMINUL M_D20185033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Situasi kondisi emosi merupakan bagian dari ekspresi perasaan manusia untuk merespon keadaan realitas, terlepas baik bijaknya dalam memberikan respon positif maupun negatif yang terjadi. Kecerdasan emosi memberikan respon yang tentu positif pada keadaan realitas seseorang, dengan memberikan ekspresi yang tentu fleksibel dalam segala keadaan namun bijak. Akan tetapi dijelaskan kondisi tidak cerdasnya dalam mengelola emosi ditandai dengan upaya menarik diri dari pergaulan atau masalah sosial, gairah semangat selalu terhambat, depresi dan dilanda kecemasan. Oleh sebab itu, permasalahan siswa yang terdapat dalam lembaga pendidikan SMP Ainul Yaqin Ajung Jember yang dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Ainul Yaqin perihal kondisi emosi mengalami ciri-ciri yang serupa dengan ketidak cerdasan emosi, diantaranya siswa melakukan perundungan, berperilaku usil dan diskriminasi kepada temannya, kepercayaan diri kurang yang ditandai dalam melakukan presentasi/ menjelaskan materi didepan guru maupun teman tidak menampakkan keberanian dan keseriusan, selain itu pengaturan diri terhadap daya inovatif dan kreatif ditandai dengan sedikitnya karya maupun produk yang dihasilkan. Sehingga permasalahan tersebut berimbas pada penilaian prestasi belajar yang terdapat dalam raport siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini berupaya mengungkapkan apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP) Yaqin Ajung Jember. Sehingga bunyi dari hipotesa bahwa Ha terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar dan Ho tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama Ainul Yaqin Ajung Jember.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain deskriptif korelasi. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa yakni kelas VII, VIII dan IX. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur kecerdasan emosi dan nilai raport untuk mengukur prestasi belajar, serta pengolahan data dengan menggunakan softwere SPSS for Windows serta instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan realibilitas. Hasil penelitian bahwa Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama Ainul Yaqin Ajung Jember. Dengan rincian uji normalitas nilai signifikasi 0,200 dan nilai uji linieritas sebesar 0,148 sedangkan pada uji hipotesis pearson correlation dengan hasil r hitung < r tabel (-172 < 0,20).  
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Mr M Rifqi Aminul M
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:37
Last Modified: 20 Jan 2023 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17938

Actions (login required)

View Item View Item