Penerapan metode index card match dalam pembelajaran hafalan mufrodat pada mata pelajaran bahasa arab kelas II madrasah ibtidaiyah darul hidayah wuluhan jember tahun ajaran 2019/2020

Himmah, Siti Robitotul (2020) Penerapan metode index card match dalam pembelajaran hafalan mufrodat pada mata pelajaran bahasa arab kelas II madrasah ibtidaiyah darul hidayah wuluhan jember tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Siti Robitotul Himmah_T20164064.pdf

Download (50MB)

Abstract

menjadi bahasa ritual peribadatan agama islam dan sebagai alat pemersatu untuk muslim diseluruh dunia, agar seseorang memahami bahasa dengan baik maka dibutuhkan penguasaan kosa kata, dengan menggunakan bahasa arab sangatlah penting kosa kata untuk dikuasai. Konteks penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran index card match dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran terlebih pada bidang menghafal mufrodat pada materi bahasa arab yang menjadi beban pada siswa denga merubah model pembelajaran yang lebih baik dan lebih efisien dari model pembelajaran sebelumnya. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas II. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji pada fokus penelitian yaitu: 1.Bagaimana Penerapan metode index card match dalam hafalan mufrodat pada pelajaran bahasa arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah Wuluhan Tahun pelajaran 2019/2020. 2.Bagaimana evaluasi pada penerapan metode pembelajaran index card match dalam penerapan hafalan mufrodat pada pelajaran bahasa arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah Wuluhan. 3.Apa saja peluang dan hambatan dalam penerapan metode index card match dalam hafalan mufrodat pada pelajaran Bahasa Arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah Wuluhan. Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mendeskripsikan penerapan metode index card match dalam pembelajaran hafalan mufrodat pada mata pelajaran bahasa arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah Wuluhan. 2. Untuk mendeskripsikan evaluasi pada penerapan metode index card match dalam hafalan mufrodat pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah Wuluhan Jember. 3. Untuk mendeskripsikan peluang dan hambatan pada penerapan metode index card match dalam pembelajaran hafalan mudfrodat pada pelajaran Bahasa Arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah Wuluhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif, data yang di peroleh dalam penelitian yaitu berupa cerita atau proses dalam penerapan, bukan berupa angka yang sifatnya pada penilaian.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah triangulasi tehnik yaitu berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan data, pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Penerapan metode index card match dalam pembelajaran hafalan mufrodat pada pelajaran bahasa arab kelas II Madarasah Ibtidaiyah Darul Hidayah melalui proses perencanaan pelaksanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang ada dalam RPP, seperti media pembelajaran, materi pembelajaran, dan perencanaan dalam pembelajaran. Proses Pelaksanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran, meliputi kegiatan awal atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberikan motivasi, memusatkan perhatian, dan apersepsi. 2.Evaluasi penerapan metode index card match dalam pembelajaran hafalan mufrodat pada pelajaran bahasa arab kelas II Madarasah Ibtidaiyah Darul Hidaiyah.dilakukan dengan penilaian proses dan penilaian hasil,yaitu dengan tes tulis pada ahir semester serta penilaian praktik menghafal mufrodat pada ahir pembelajaran. 3. Peluang dan hambatan penerapan metode index card match dalam pembelajaran hafalan mufrodat pada pelajaran bahasa arab kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Hidayah yaitu pada peluang, siswa mampu memiliki rasa tanggung jawab yang besar karena didalam penerapan metode index card match ini siswa berperan aktif dan berusaha untuk mendapatkan hasil dari kegiatan index card match ini.Untuk hambatan yang diperoleh dalam penerapan metode index card match yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pembelajaranya. Kata Kunci :Metode Index Card Match, Mufrodat, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:51
Last Modified: 13 Apr 2021 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item