. Pengaruh Metode Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri Jember

Fikriyah, Aminatul (2021) . Pengaruh Metode Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatul Fikriyah_0849318020.pdf

Download (29MB)

Abstract

Aminatul Fikriyah. 2021. Pengaruh Metode Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Mislikhah, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Mundir, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Discovery, Minat Belajar, Hasil Belajar. Proses pembelajaran di MTs Unggulan Al-Qodiri Jember mayoritas guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan menggunakan model ceramah, tanya jawab dan pengugasan, sehingga membuat hasil belajar siswa bervariasi dalam menerima pembelajaran. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dikelas diantaranya metode pembelajaran dan minat belajar. Terdapat banyak cara/metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, salah satunya metode pembelajaran discovery. Menurut Bruner pembelajaran discovery adalah pencarian pengetahuan secara aktif oleh peserta didik melalui pemecahan masalah, sehingga menghasilkan pengetahuan yang bermakna. Sedangkan minat merupakan kecenderungan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar yang kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah. Berdasarkan data yang didapatkan maka peneliti tertarik melalukan penelitian eksperimen menggunakan metode discovery learning karena metode ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam mencari jawaban sendiri Tesis ini akan membahas pengaruh metode discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar fikih siswa di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu (1) adakah perbedaan hasil belajar fikih antara metode discovery learning dan pembelajaran konvensional? (2) adakah perbedaan hasil belajar fikih antara siswa memiliki minat belajar tinggi dan rendah? (3) adakah pengaruh interaksi antara metode discovery learning dan minat belajar dengan pembelajaran konvensional dan minat belajar terhadap hasil belajar fikih?. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Postest-Only Control Group Design. Subyek penelitian ini dari kelas VIIIA dan VIIIB yang terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS 24 for windows. Hasil analisis menunjukkan (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fikih antara yang mengikuti Discovery learning dan pembelajaran konvensional dengan nilai sig = 0,038 (2-tailed) < 0,05. (2) Ada perbedaan hasil belajar fikih antara siswa memiliki minat belajar tinggi dan rendah dengan nilai sig = 0,000 (2-tailed) < 0,05. (3) Ada pengaruh interaksi antara metode Discovery learning dan minat belajar dengan pembelajaran konvensional dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan nilai sig = 0,001 (2-tailed) < 0,05

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:01
Last Modified: 27 Jan 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item