Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Preferensi Tempat Kos Mahasiswa Iain Jember Di Lingkungan Karang Mluwo – Mangli- Kaliwates- Jember

Saniah, Imroatus (2016) Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Preferensi Tempat Kos Mahasiswa Iain Jember Di Lingkungan Karang Mluwo – Mangli- Kaliwates- Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imroatus Saniah_083122136.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah mahasiswa iain jember tiap tahun dan belum bisa digunakannya ma’had IAIN Jember yang menyebabkan maraknya pembangunan rumah kos oleh warga di sekitar kampus IAIN Jember. Banyaknya pesaing dalam usaha ini menyebabkan beragamnya penawaran harga dan fasilitas yang berbeda kepada konsumen dari pelaku usaha. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah harga berpengaruh terhadap preferensi tempat kos? 2) Apakah fasilitas berpengaruh terhadap preferensi tempat kos? 3) Apakah harga dan fasilitas berpengaruh secara simultan terhadap preferensi tempat? 4) apakah harga dan fasilitas berpengaruh secara parsial terhadap preferensi tempat kos? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap preferensi tempat kos, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas terhadap preferensi tempat kos,3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan fasilitas secara simultan terhadap preferensi tempat kos,4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga fasilitas secara parsial terhadap preferensi tempat kos. Penelitian ini dilakukan di lingkungan karang mluwo kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa kuesioner terhadap 90 responden, dengan teknik sampling stratified random sampling. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi ( ). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 8.332 + 0.352 X1 + 0.446 X2 + e Dimana variabel preferensi tempat kos (Y), variabel harga (X1), variabel fasilitas (X2). Hasil regresi linier berganda harga dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi tempat kos.Hasil uji F Fhitung 11.826 > Ftabel 2.76 dengan signifikan variabel 0.00 < 0.1, menunujukkan bahwa secara simultan factor harga dan fasilitas bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap preferensi tempat kos. Hasil uji t dari factor harga thitung 2.006.>ttabel 1.661 dengan tingkat sigifikansi 0.048 < 0.1, dan Hasil uji t dari faktor fasilitas t hitung3.576.>ttabel 1.661 dengan tingkat sigifikansi 0.001 <0.1 menunjukkan bahwa variabel harga maupun variabel fasilitas berpengaruh secara individual dan signifikan terhadap preferensi tempat kos. Nilai Adjused R Square sebesar 0.196 menunjukkan bahwa pengaruh faktor harga dan fasilitas secara bersama-sama sebesar 19.6 % terhadap preferensi tempat kos mahasiswa IAIN Jember di lingkungan Karang Mluwo. Sedangkan sisanya 80.4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:14
Last Modified: 31 Jan 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18306

Actions (login required)

View Item View Item