Analisis Strategi Bauran Pemasaran Islam Pedagang Pasar Tradisionaldi Kabupaten Lumajang

Husain, Muhammad Aly (2021) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Islam Pedagang Pasar Tradisionaldi Kabupaten Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Aly Husain_0839217025.pdf

Download (26MB)

Abstract

Kata Kunci :Strategi, Bauran pemasaran Islam, Pasar Tradisional Bisnis dalam dunia perdagangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Berdagang merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Bahkan Rasulullah, menyatakan bahwa Sembilan dari sepuluh pintu rezeki adalah melalui pintu berdagang. Artinya melalui jalan berdagang inilah, pintu rezeki akan dibuka, sehingga karunia Allah dapat terpancar dari padanya. Didalam strategi pemasaran islam terdapat adanya bauran pemasaran yang terdiri dari costumer value, cost, convenience, communication. Sedangkan dalam pemasaran Islam tidak boleh adanya kecurangan dan harus jujur. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan. Penelitian ini terdiri dari sumber data yaitu sumber data primer (Data yang diperoleh secara langsung) dan data sekunder sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui perantara (Laporan, jurnal, Artikel dan lain yang berkaitan dengan penelitian di daerah tersebut), sedangkan untuk pengumpulan data Teknik menggunakan wawancara, dokumentasi, danobservasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian adalah analisis data. Dengan hasil penelitian, menunjukan bahwa pedagang pasar tradisional menerapkan sistem strategi pemasaran berupa costumer value, cost, convenience, communication. Strategi yang diterapakan Pedagang Pasar tradisonal di Lumajang adalah: 1) Produk yang di perdagangkan merupakan produk yang berkualitas baik, sehingga para konsumen puas dengan apa yang konsumen peroleh, para pedagang juga tidak menjual barang haram seperti daging babi, alkohol dan darah. 2) Harga, dalam memberikan harga para pedagang memberiharga terjangkau sehingga konsumen tidak dibebankan dengan harga yang terlalu tinggi dan juga pedagang selalu memberikan potongan harga pada konsumen. 3) Tempat menjadi salah satu terpenting bagi pedangang untuk menyimpan atau menjual barang dagangannya. 4) promosi, dalam melakukan promosi para pedagang tidak menggunakan media, para pedagang hanya menggunakan promosi pendekatan kepada pada konsumen dan memberi potongan harga kepada konsumen sebagai bentuk promosi. Ditinjau dari pemasaran syariah, produk yang diperdagangkan oleh pedagang sudah memenuhi aspek kehalalan, dan boleh diperdagangkan, akan tetapi ada pedagang yang masih melakukan tindakan mencampur produk berkualitas baik dengan produk berkualitas biasa/buruk tanpa ada kejujuran didalamnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:33
Last Modified: 02 Feb 2023 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item