Bauran Pemasaran Antar Pengusaha dalam Perspektif Etika Bisnis Islam pada Kampung Pia Warurejo Desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan

Ramadlani, Rahmita Silvana Putri (2019) Bauran Pemasaran Antar Pengusaha dalam Perspektif Etika Bisnis Islam pada Kampung Pia Warurejo Desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rahmita Silvana Putri Ramadlani_E20152011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Marketing Mix atau bauran pemasaran sebagai serangkaian variabel yang dapat dikontrol dan tingkat variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi pasaran yang menjadi sasaran. Etika bisnis Islam merupakan serangkaian aktivitas bisnis dalam berbagai bentuknya (yang tidak dibatasi), namun dibatasi dalam cara perolehan dan pendayaan hartanya (ada aturan halal dan haram) sesuai dengan aturan-aturan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana bauran pemasaran yang dilakukan oleh antar pengusaha bakpia di Kampung Pia Warurejo ? (2) Bagaimana bauran pemasaran yang dilakukan oleh antar pengusaha bakpia di Kampung Pia Warurejo dalam perspektif etika bisnis Islam ? Sementara tujuan dari penelitian ini ialah : (1) Untuk mengetahui bauran pemasaran yang dilakukan oleh antar pengusaha pia di Kampung Pia Warurejo. (2) Untuk mengetahui bauran pemasaran yang dilakukan oleh antar pengusaha pia di Kampung PiaWarurejo dalam perspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sumber data menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan : (1) Bahwa bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha pia untuk menghadapi persaingan antar pengusaha meliputi keunggulan yang berbeda dari setiap pengusaha, penetapan harga produk memperhatikan harga berdasarkan persaingan, jalur distribusi yang diterapkan dalam memasarkan produk sesuai kemampuan dan strategi masing-masing pengusaha mulai dari membuka cabang atau pun menitipkan kepada toko-toko sekitar sampai toko pusat oleh-oleh, promosi yang dilakukan oleh pengusaha dalam memperkenalkan produknya melalui pemasaran langsung, menggunakan sales, mengikuti pameran dan sosial media. (2) Bahwa bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh pengusaha pia di Kampung Pia Dusun Warurejo untuk menghadapi persaingan antar pengusaha telah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan jujur dalam takaran, menjual barang yang baik mutunya, tidak menggunakan sumpah dalam meyakinkan pelanggan, selalu bersikap longgar dan bermurah hati serta membangun hubungan baik antar kolega. Kata Kunci : Marketing Mix, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:46
Last Modified: 03 Feb 2023 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18437

Actions (login required)

View Item View Item