Analisis Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pemasaran Produk Simpanan Pelajar (SimPel) BRISyariah Kantor Cabang Jember

Bilqist, Retno (2016) Analisis Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pemasaran Produk Simpanan Pelajar (SimPel) BRISyariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Retno Bilqist_083122047.pdf

Download (4MB)

Abstract

Analisis ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran adalah merupakan kegiatan penguraian untuk memperoleh dan mengetahui kegiatan pemasaran yang dilakukan dalam kaitannya dengan ekonomi Islam, apakah kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan ekonomi Islam yang dalam hal ini adalah pemasaran yang dilakukan oleh BRISyariah kantor cabang Jember. Keunikan dari produk ini adalah fitur terdapat gambar dua kartu laki-laki perempuan yang bias menarik siswa-siswi untuk terdorong dalam budaya menabung sejak dini, persyaratan pembukaan rekening menyesuaikan kebutuhan siswa, yang perlu diperhatikan adalah bahwa rekening Simpanan Pelajar (SimPel) ini atas nama anak yang bisa dikatakan belum cakap hukum yaitu mulai sekolah PAUD hingga umur 17 Tahun. Berdasarkan konteks penelitian tersebut di atas, maka fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran produk Simpanan Pelajar (SimPel) yang dilakukan BRISyariah? 2) Bagaimana analisis ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran produk Simpanan Pelajar SimPel (SimPel) yang dilakukan BRISyariah?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk Simpanan Pelajar (SimPel) yang dilakukan BRISyariah. 2) untuk mendeskripsikan ekonomi Islam melakukan analisa terhadap startegi pemasaran produk Simpanan Pelajar (SimPel) yang dilakukan BRISyariah. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka pendekatan yang digunakan adalah dengan Pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research) melalui proses pengamatan langsung di lapangan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, strategi pemasaran yang dilakukan oleh BRISyariah cabang Jember dalam memasarkan produk Simpanan Pelajar (SimPel) dengan menggunakan strategi pemasaran marketing mix. Kedua, dari analisis ekonomi Islam, diketahui bahwa pada kegiatan pemasaran produk Simpanan Pelajar (SimPel) yang dilakukan selalu mengedepankan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Kata kunci: Tauhid, Adil, Nubuwah, Khilafah, Ma’ad, Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:25
Last Modified: 06 Feb 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18444

Actions (login required)

View Item View Item