Manajemen Pemasaran Madrasah melalui Program Pendidikan Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jember.

Karimah, Rimadini Inas (2018) Manajemen Pemasaran Madrasah melalui Program Pendidikan Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rimadini Inas Karimah_084 143 059.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember merupakan salah satu madrasah yang bekerja sama dengan Institut Sepuluh November Surabaya dalam penyelenggaraan Program Pendidikan Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik). Program pendidikan ini selain sebagai wadah pengembangan keterampilan siswa, namun juga menjadi salah satu program yang digunakan sebagai peningkatan kualitas madrasah sehingga pantas untuk dipasarkan dan mencapai daya saing yang maksimal. Madrasah akan dikatakan mampu bersaing apabila memiliki keunggulan.Untuk itu manajemen pemasaran perlu diperhatikan agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini terdapat empat isu utama yang yang menjadi fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pemasaran madrasah melalui program pendidikan terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan daya saing madrasah? 2) Bagaimana pelaksanaan pemasaran madrasah melalui program pendidikan terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan daya saing madrasah? 3) Bagaimana evaluasi pemasaran madrasah melalui program pendidikan terapan bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan daya saing madrasah?. Fokus penelitian tersebut sekaligus menjawab tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan 1) Perencanaan yang dilakukan adalah dengan penyusun visi, misi serta tujuan madrasah, madrasah menentukan pasar sasaran yang akan dituju agar tepat memposisikan diri terhadap kebutuhan masyarakat melalui penentuan wilayah kecamatan yang dituju dengan memposisikan sebagai madrasah yang mampu mengembangkan ketrampilan dibidang IT, selanjutnya dengan merancang beberapa program yang unggul mampu memberikan pelayanan yang sesuai kebutuhan seperti Prodistik, Tahfidzul Qur’an dan Bina prestasi, 2) Pelaksanannya dapat terlihat dari beberapa kegiatan pemasaran secara umum yang juga menyertakan program prodistik sebagai program unggulan yang menarik, serta pelaksanaan prodistik secara eksternal seperti mengikuti beberapa perlombaan tingkat provinsi, pelaksanaan tugas akhir yang membawa siswa prodistik untuk berhubungan langsung dengan pihak lain sesuai dengan judul yang diteliti, serta melalui outcome yang bermanfaat setelah lulus, 3) Evaluasi yang dilakukan dengan berkelanjutan sesuai input, process, output bahkan outcome, yang dilakukan setiap tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:26
Last Modified: 06 Feb 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18450

Actions (login required)

View Item View Item