Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Melalui Alfamart Class di Sekolah Menengah Kejuruan Walisongo Rambipuji Jember.

Nuraisiyah, Vety (2018) Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Melalui Alfamart Class di Sekolah Menengah Kejuruan Walisongo Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vety Nuraisiyah_084143 051.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Walisongo Rambipuji merupakan lembaga pendidikan yang didirikan dengan tujuan untuk mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia usaha. SMK sejauh ini masih di klaim mampu mencetak lulusan yang berkualitas dibandingkan dengan Sekolah Menengah Atas lainnya jika dilihat dari skill yang dimiliki alumni. Sebab SMK memiliki banyak sekali jurusan yang bisa dipilih oleh peserta didik sesuai dengan bakatnya. Salah satu jurusan yang ada di SMK yaitu jurusan pemasaran. Jurusan pemasaran sendiri terdiri dari kelas pemasaran Reguler dan kelas pemasaran Unggulan (Alfamart Class), yang merupakan suatu hal yang masih baru dan belum semua SMK memilikinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana inovasi kepala sekolah dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui Alfamart Class di SMK Walisongo Rambipuji Jember? 2) Bagaimana motivasi kepala sekolah dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui Alfamart Class di SMK Walisongo Rambipuji Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan inovasi kepala sekolah dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui Alfamart Class di SMK Walisongo Rambipuji Jember, 2) Mendeskripsikan motivasi kepala sekolah dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui Alfamart Class di SMK Walisongo Rambipuji Jember. Metode penelitia ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research dan penentuan subek dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Inovasi kepala sekolah dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui Alfamart Class di SMK Walisongo Rambipuji Jemberdengan mengadakan Business Centre sebagai wadah untuk mengembangkan jiwa wirausaha peserta didik dan mengadakan bazar yang berkaitan dengan kewirausahaan. 2) Motivasi Kepala sekolah dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui Alfamart Class di SMK Walisongo Rambipuji melalui kegiatan ektrakulikuler wirausaha yang diadakan setiap satu minggu satu kali, mengadakan study banding, dan mengadakan seminar kewirausahaan. Sedangkan kepada para guru, yaitu denganmenciptakan hubungan kerja yang harmonis, memberi masukan kepada semua guru untuk memiliki usaha lain selain mengajar disekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:57
Last Modified: 06 Feb 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18488

Actions (login required)

View Item View Item