Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Tradisional Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Pasar Induk Bondowoso

Uraidi, M. Ali (2016) Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Tradisional Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Pasar Induk Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Ali Uraidi_083122066.pdf

Download (5MB)

Abstract

Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Dengan kata lain strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu kewaktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkunga dan keadaan persaingan yang selalu berubah dan strategi pemsaran pada dasarnya tidak terlepas dari strategi marketing yaitu : strategi produk, harga, distribusi (tempat) dan promosi.. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran pedagang tradisional di pasar Induk Bondowoso dalam strategi produk, harga, distribusi (tempat) dan promosi? 2) Bagaimana strategi pemasaran pedagang tradisional di pasar Induk Bondowoso dalam perspektif Ekonomi Islam dari segi produk, harga, distribusi(tempat) dan promosi? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pemasaran pedagang Tradisional di pasar Induk Bondowoso dalam perspektif Ekonomi Islam serta untuk melakukan pendekatan terhadap pedagang agar berperilaku jujur dan bersaing secara sehat dalam kegiatan strategi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field risearch) karena data yang diperoleh peneliti yaitu dari pedagang sebagai pelaku pasar melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumberdata dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deskriptif analiasis dengan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan pedagang Tradisional Induk Bondowoso dalam strategi produk sebagian besar menggunakan strategi produk inti, dari segi harga sebagian besar menggunakan strategi Cost plus pricing dan Mark up pricing, distribusi sendiri sebagian besar menggunakan saluran nol sampai tiga tingkat dan promosi menggunakan strategi iklan dan personal selling, dari strategi tersebut boleh dan sah menurut perspektif Ekonomi islam. Hal ini dapat dilihat dari perilaku pedagang secara keseluruhan dilakukan dengan sangat hati-hati dan adanya transparansi antara pedagang dan konsumen serta adanya kerelaan antara pedagang dan konsumen sehingga terjadi transaksi yang sah dan tidak ada yang dirugikan. Sejalan dengan kesimpulan ini, maka kepada pedagang pasar umunnya dan pedagang tradisional di pasar Induk Bondowoso lebih memahami lagi larangan-larangan dalam islam dalam setiap aktifitas ekonominya sehingga terjadi transaksi yang sah dan tidak ada yang terzalimi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:50
Last Modified: 09 Feb 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18563

Actions (login required)

View Item View Item