Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi

Rohman, Nur (2018) Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Rohman_ 084 133 012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jiwa kewirausahaan dibutuhkan dalam berwirausahaan dengan ini implementasi manajemen pemasaran terfokuskan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa. Manajemen pemasaran ini menggunakan konsep perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Program kewirausahaan bertujuan untuk mensinergikan kekuatan yang ada disekolah agar berpotensi memberikan andil besar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang ada disekolah. Dengan begitu diharapkan lulusan para siswa dapat mempunyai kreativitas dan berjiwa kewirausahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi ? 2). Bagaimana pelaksanaan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi ? 3). Bagaimana pengawasan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi Tahun Ajaran 2017/2018 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan perencanaan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi. 2). Mendeskripsikan pelaksanaan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi. 3). Mendeskripsikan pengawasan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK Manbaul Ulum Muncar, Banyuwangi Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field Research dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik/metode. Hasil penelitian ini adalah: 1). Perencanaan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa yaitu Siswa praktek langsung dan juga dibekali ilmu-ilmu pemasarannya dan kewirausahaan. 2). Pelaksanaan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa yaitu siswa melaksanakkan prakerin dan diterjunkan langsung untuk melakukan penjualan dan pemasaran. 3). Pengawasan pemasaran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa yaitu mengevaluasi atau monitoring dilakukan empat kali selama melaksanakan praktek kerja industri (prakerin) untuk mengetahui a

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item View Item