Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing (Pada Pabrik Air Minum Dalam Kemasan Ampo Jember)

Salsafika, Riska (2019) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing (Pada Pabrik Air Minum Dalam Kemasan Ampo Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riska Salsafika_E20152060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran yaitu suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang meraka butuhkan dan ingingkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. dalam penelitian ini pemasaran digolongkan menjadi empat kelompok variabel yaitu, produk, harga, distribusi, promosi. Fokus masalah yang diteliti adalah : (1) Bagaimana analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada pabrik Air Minum Dalam Kemasan Ampo Jember ? Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Mengetahui analisis strategi pemasaran dalam meningkatan daya saing pada pabrik Air Minum Dalam Kemasan Ampo Jember Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sumber data menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunkan kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada pabrik Air Minum Dalam Kemasan Ampo Jember (a) strategi produk Pabrik Air Minum Ampo melakukan inovasi pada ukuran produk, menyempurnakan logo dan desain pada setiap periode, dan menambah merk serta menciptakan produk RO berTDS rendah. (b) Dalam strategi harga Pabrik Air Minum Ampo menetapkan harga yang bisa memasyarakat, adanya kenaikan harga pun dipicu dari harga plastik dunia. Harga yang ditetapkan di Pabrik Air Minum Ampo akan lebih mahal daripada di pasaran atau di Rumah Ampo dikarenakan perusahaan takut terjadi kerusakan harga di pasaran dan rumah Ampo menjadi tidak laku. (c) Dalam strategi distribusi Pabrik Air Minum Ampo mendirikan Rumah Ampo yang didesain khusus sebagai wakil atau subdis dari pabrik, menjadi start pertama untuk memeratakan produk. (d) Dalam strategi promosi Pabrik Air Minum Ampo mempunyai program terobosan baru kepada masyarakat yaitu Rumah Ampo dan memiliki label produk yang dapat di desain khusus secara gratis seperti custom foto, kepentingan pernikahan (souvennir) dll, radio Jember, dan Car Free Day pada hari minggu. Kata Kunci : Pemasaran, daya Saing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:52
Last Modified: 09 Feb 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18584

Actions (login required)

View Item View Item