Avianti, Dini (2018) Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengkomunikasikan Strategi Pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Dini Avianti_084 143 009.pdf Download (20MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan merupakan tempat dilaksanakannya pendidikan. Untuk mengembangkan lembaga, maka perlu adanya hubungan kerjasama antara masyarakat dengan lembaga. Dalam menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat, bagian humas yang berperan dan bertanggungjawab penuh didalamnya. Dalam dunia pendidikan persaingan menjadi hal yang tidak dapat terelakkan lagi. Maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat menarik minat masyarakat. Untuk mempermudah proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus penelitian diantaranya: (1) Bagaimana manajemen hubungan masyarakat dalam mengkomunikasikan strategi pemasaran segmentation di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana manajemen hubungan masyarakat dalam mengkomunikasikan strategi pemasaran targeting di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana manajemen hubungan masyarakat dalam mengkomunikasikan strategi pemasaran positioning di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan manajemen hubungan masyarakat dalam mengkomunikasikan strategi pemasaran segmentation di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan manajemen hubungan masyarakat dalam mengkomunikasikan strategi pemasaran targeting di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mendeskripsikan manajemen hubungan masyarakat dalam mengkomunikasikan strategi pemasaran positioning di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenisnya deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) komunikasi strategi pemasaran segmentation berjalan dengan baik, terbukti dengan PPDB di MTsN 1 Jember paling banyak dari wilayah perkotaan, (2) komunikasi strategi pemasaran targeting dilakukan pada kalangan menengah ke atas, tapi pada realitanya MTsN 1 Jember menerima peserta didik dari semua kalangan, (3) kelas bina prestasi menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki oleh MTsN 1 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18600 |
Actions (login required)
View Item |