Ulfa, Shofia Zuhrotul (2016) Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Penjualan Genteng Pada UD. Bahagia Di Desa Tamansari Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SHOFIA ZUHROTUL ULFA_083122097.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dunia bisnis yang berkembang di Indonesia semakin berat dalam posisi sebagai industri dan pengusaha dalam menghadapi pesaing industri lainnya. Akan tetapi bisa menjadi kesempatan yang menarik bagi pengusaha jika dalam memproduksi dan mempromosikan barang, sebuah industri dapat menggunakan strategi yang tepat. Strategi dan pertimbangan yang tepat sudah seharusnya dimiliki pengusaha dalam menghadapi persaingan usaha. Dalam pemasaran dikenal adanya strategi marketing mix yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dihasilkan sebuah perusahaan yang terdiri dari product, place, promotion, and price sebagai alat-alat pemasarannya. Perhatian produsen dalam menggunakan strategi yang tepat akan membawa pengaruh terhadap penjualan yang dimiliki oleh perusahaan ini. Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah, pertama bagaimana penerapan marketing mix dalam meningkatkan penjualan genteng pada UD.Bahagia di Desa Tamansari Wuluhan, keduabagaimana pengaruh faktor penghambat dan pendukung terhadap peningkatkan penjualan. Dan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah, pertama untuk mengetahui penerapan marketing mix dalam meningkatkan penjualan genteng pada UD. Bahagia di Desa Tamansari Wuluhan, kedua untuk mengetahui pengaruh faktor penghambat dan pendukung terhadap peningkatan penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di UD. Bahagia Desa Tamansari Kecamatan Wuluhan. Subyek penelitian menggunakan puposive. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisis data temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan strategi marketing mix genteng pada UD.Bahagia belum seluruhnya dilaksanakan. Ini dikarenakan dalam proses pemasarannya masih menggunakan saluran distribusi sederhana. Dalam penerapan marketing mix untuk meningkatkan penjualan dapat ditemukan beberapa faktor yang membantu meningkatkan penjualan produk, yaitu aspek produk (produk yang berkualitas tinggi), aspek tempat (tempat produksi yangmempunyailokasi yang mudah diakses bahan pokok ke rumah produksi). Sedangkan untuk aspek harga dan promosi, masih harus ada perbaikan dan peningkatan secara berkala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:55 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18610 |
Actions (login required)
View Item |