Penggunaan Multimedia berbasisis Prezi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V A Rijal SD Integral Hidayatullah Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/ 2017

Vidayanti, Vivit (2017) Penggunaan Multimedia berbasisis Prezi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V A Rijal SD Integral Hidayatullah Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vivit Vidayanti_084134032.pdf

Download (23MB)

Abstract

Keberhasilan guru tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Ketidaklancaran dalam komunikasi membawa akibat pesan atau informasi tidak tersampaikan. Sehingga, menyebabkan siswa kurang mengerti materi. Selama ini guru dalam proses pembelajaran belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi sebagai sumber belajar siswa. Fakta menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas V A Rijal SD Integral Hidayatullah Probolinggo yang minat belajar pada mapel PAI rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan penggunaan multimedia yang menarik, inovatif, dan interaktif dalam pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan Multimedia berbasis prezi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Penggunaan multimedia berbasis Prezi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Integral Hidayatullah Probolinggo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan minat belajar siswa dengan penggunaan multimedia berbasis Prezi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berkolaborasi dengan guru mapel PAI dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart, dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di Kelas V A Rijal SD Integral Hidayatullah Probolinggo dengan jumlah 23 siswa laki-laki. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil rekapitulasi minat belajar siswa dari akhir per siklus, hasil wawancara dengan guru mapel PAI dan wali kelas serta siswa kelas V A Rijal, dan dokumentasi. Indikator kinerja yang diukur dalam keberhasilan penelitian ini meliputi: perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan prosentase 75% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapakan pembelajaran menggunakan multimedia berbasis prezi terdapat peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V A Rijal. Hasil observasi minat belajar siswa pada siklus I menunjukkan peningkatan dibandingkan pada tahap pra tindakan. Pada tahap pra tindakan hasil observasi minat peserta didik adalah 45,92%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 60,86%. Pada siklus II, nilai rata-rata minat belajar siswa meningkat menjadi 71,19% sedangkan pada tahap siklus III nilai rata-rata minat belajar peserta didik meningkat menjadi 80,94% yang artinya pada siklus III terdapat 16 siswa mendapat nilai A yang memiliki minat belajar yang sangat tinggi, 7 siswa mendapat nilai B yang meniliki ilai minat belajar tinggi, 1 siswa mendapat nilai C yang memiliki motivasi sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:55
Last Modified: 09 Feb 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18612

Actions (login required)

View Item View Item