PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM LUMAJANG

Hijrotin, Dzaqi (2022) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM LUMAJANG. Masters thesis, Pascasarjana UIN Khas Jember.

[img] Text
DZAQI HIJROTIN_2042066040001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk meningkatkan karakteristik peserta didik, metode pembelajaran yang kompetitif tentu dibutuhkan dalam menempuh pendidikan, terutama dikelas dasar. Pembelajaran tematik dengan metode tutor sebaya adalah salah satu metode yang telah diterapkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Mojosari Lumajang sebagai alternatif pembelajaran yang menarik. Metode tutor sebaya dapat mengajak peserta didik untuk berdiskusi, berbaur, serta meningkatkan rasa percaya diri. Dalam penerapan metode tutor sebaya ini siswa/i dapat lebih menghargai satu sama lain, saling membantu, dan dapat mengutarakan pendapat mereka.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk karakter yang dibangun dalam pembelajaran tematik melalui metode tutor sebaya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang? 2) Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik metode tutor sebaya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang?
Adapun tujuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk karakter yang dibangun dalam pembelajaran tematik melalui metode tutor sebaya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang. 2) Mendeskripsikan proses pembelajaran metode tutor sebaya dalam membentuk karakter siswa/i di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang. 3) Mengevaluasi proses pembelajaran tematik dengan menggunakan metode tutor sebaya.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menentukan subyek penelitian adalah teknik purposive. Pengambilan data diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentsi. Dilanjutkan dengan menganalisis data menggunakan teknik analisis interaktif model Miles, Huberman, dan Saldana melalui 3 tahapan antara lain kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan tringulasi teknik, tringulasi sumber, dan tringulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala sekolah mengadakan rapat terlebih dahulu bersama dewan guru untuk merencanakan metode yang akan diterapkan dikelas IV dan V. 2) Untuk meningkatkan karakter peserta didik menjadi lebih perfeksionis, hasil diskusi adalah pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya menjadi alternatif pelajar. 3) Banyak peserta didik yang masih kurang percaya diri untuk mengutarakan pendapatnya namun, metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemauan mereka untuk berbicara didepan umum terutama pada teman seumurannya.

Kata Kunci :Penerapan Metode Tutor Sebaya, Membentuk Karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dzaqi Hijrotin
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:22
Last Modified: 16 Feb 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18703

Actions (login required)

View Item View Item