Aplikasi Etika Bisnis Islam dalam Aktivitas Jual Beli di Pasar Tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.

Cahyani, Laily Bariqoh Nur (2015) Aplikasi Etika Bisnis Islam dalam Aktivitas Jual Beli di Pasar Tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laily Bariqoh Nur Cahyani_083 112 053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara umum etika bisnis Islam adalah etika bisnis yang berdasarkan pada moralitas Islam. Karena dalam berbisnis apabila tidak didasari dengan etika maka akan membawa kerugian bagi pelaku bisnisnya. Dan di dalam Islam telah diatur cara-cara berbisnis yang baik dan tidak membawa kerugian bagi semua orang. Pelaku bisnis dianjurkan untuk selalu berkata jujur dan dalam pengambilan laba atau keuntungan jangan berlebihan. Pelaku bisnis sangat dilarang berbuat buruk seperti tidak jujur, curang dalam timbangan, barang yang masih gharar atau tidak jelas, melakukan penipuan, dan riba. Salah satu tempat terjadinya aktivitas jual beli adalah pasar. Pasar adalah tempat masyarakat tradisional melakukan kegiatan jual beli secara langsung dan disertai dengan proses tawar-menawar. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu fokus penelitian dan sub fokus penelitian. fokus penelitian tersebut adalah bagaimana aplikasi etika bisnis Islam dalam aktivitas jual beli di pasar tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? Dan sub fokus penelitiannya adalah apa saja aktivitas jual beli di pasar tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?; Transaksi jual beli apakah di pasar tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, yang sesuai dengan nilai-nilai etika Islam?; serta transaksi jual beli apakah di pasar tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika Islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengaplikasian etika bisnis Islam dalam aktivitas jual beli di pasar tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, untuk mengetahui aktivitas jual beli apa saja yang ada di pasar tradisional tersebut, dan untuk mengetahui transaksi jual beli apa saja yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilainilai etika Islam di pasar tradisional tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dan untuk lokasi penelitiannya di pasar tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini adalah Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Penelitian ini berkesimpulan bahwa etika bisnis Islam telah tercermin dan teraplikasikan dengan baik dalam aktivitas jual beli di pasar tradisional Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Dalam aktivitas jual beli tersebut terdapat nilai-nilai etika Islam seperti seperti ihsan, itqan, hemat, jujur, adil, dan semangat kerja keras. Serta menggunakan mekanisme pasar Islami yaitu mekanisme suka sama suka atau rela sama rela dan tanpa adanya paksaan. Namun masih terdapat sebagian kecil penjual yang melakukan pelanggaran terhadap nilainilai etika Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:02
Last Modified: 16 Feb 2023 05:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item