Analisis Strategi Pemasaran Makanan Khas Kerupuk Udang Pasir Pada Home Industry Kerupuk Udang Ulfa di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan.

Buchari, Muhammad Rifqii (2015) Analisis Strategi Pemasaran Makanan Khas Kerupuk Udang Pasir Pada Home Industry Kerupuk Udang Ulfa di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD RIFQI BUCHARI_083 112 092.pdf

Download (737kB)

Abstract

Pemasaran merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia bisnis, entah itu yang berskala kecil, menengah, ataupun yang berskala besar. Tanpa adanya sistem pemasaran yang baik, bukan tidak mungkin sebuah perusahaan yang dulunya besar akan mengalami kehancuran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan home industry Kerupuk Udang Ulfa di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan dalam memproduksi produk, menetapkan harga, promosi dan distribusinya ? 2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat yang dialami home industry Kerupuk Udang Ulfa di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan dalam menjalankan usaha dengan strategi pemasaran yang telah diterapkan ? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pemasaran yang diterapkan home industry Kerupuk Udang Ulfa di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan dalam memproduksi produk, menetapkan harga, promosi dan distribusi produk kerupuk udang beserta dengan faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam menjalankan usahanya. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui field research (penelitian lapangan) untuk menganalisis strategi pemsaran yang diterapkan oleh home industry Kerupuk Udang Ulfa di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan . Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) strategi produk yang digunakan home industry adalah dengan mempertahan kualitas rasa kerupuk yang khas dan bentuk kerupuk dibuat tiga ukuran, yaitu lingkaran kecil, sedang, dan besar. Strategi penetapan harga menggunakan metode Mark-up Pricing, yaitu biaya produksi ditambah dengan keuntungan yang diinginkan. Strategi promosi menggunankan metode personal-selling, promosi secara lisan langsung dihadapan konsumen. Dan strategi distribusi menggunakan metode perantara agen yang mendistribusikan produk ke wilayah distribusi home industry Kerupuk Udang Ulfa. 2)dalam produksi faktor pendukungnya adalah mudahnya pembuatan kerupuk udang, dan faktor penghambatnya ketika musim hujan tiba yang berdampak pada lamanya penegringan kerupuk dan pasir. Dalm penetapan harga faktor pendukungnya konsumen menerima harga yang ditawarkan dengan baik, dan faktor penghambatnya adalah ketika salah satu bahan baku naik. Dalam promosi faktor pendukungnya adalah startegi promosi lewat lisan ke lisan diterima konsumen dan agen membawa sampel kerupuk ketika promosi, dan faktor penghambatnya adalah tidak jarang promosi agen ditolak konsumen. faktor pendukung distribusi karena menggunakan agen dan adanya jaringan. Faktor penghambatnya adalah jika cuaca hujan dan agen mengalami risiko di jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:04
Last Modified: 16 Feb 2023 05:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item View Item