Manajemen Pemasaran Air Minum Kemasan Albab Dalam Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Koperasi Al-Ianah Pondok Pesantren Bulugading Bangsalsari

Munip, Achmad (2016) Manajemen Pemasaran Air Minum Kemasan Albab Dalam Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Koperasi Al-Ianah Pondok Pesantren Bulugading Bangsalsari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Munip_083 112 102.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : manejemen pemasaran, etika bisnis islam Ekonomi Islam saat ini, sudah merata dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari lapisan masyakat ekonomi kelas bawah, menengah hingga kelas atas sudah mulai mengenalnya. Hal ini tidak terlepas dari faktor internal dan eksternal. Selain itu, perkembangan bisnis berlebel syari`ah dalam 2 dasawarsa ini sangat diminati oleh masyarakat indonesia. Secara ideal, etika terhadap suatu aktifitas bisnis sangatlah penting, khususnya pada bisnis-bisnis yang bergerak syariah, tentu tuntutan akan praktik secara Islami mengikuti visi dan misi dari entitas itu sendiri. Karena etika bisnis dapat digunakan secara untuk menyelaraskan kepentingan strategis suatu bisnis dengan tuntutan moralitas. Lalu, bagaimana etika bisnis Islam memandang praktik manajemen pemasaran. Fokus penelitian ini yaitu 1) bagaimana Produk air minum dalam kemasan Albab dalam etika bisnis Islam; 2) bagaimana Penentuan harga air minum dalam kemasan Albab dalam etika bisnis Islam; 3) bagaimana tempat atau distribusi air minum dalam kemasan Albab dalam etika bisnis Islam; 4) bagaimana promosi air minum dalam kemasan Albab dalam etika bisnis Islam. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui produk air minum kemasan Albab dalam etika bisnis Islam; 2) untuk mengetahui penetapan harga air minum kemasan Albab dalam etika bisnis Islam; 3) untuk mengetahui tempat atau distribusi air minum kemasan Albab dalam etika bisnis Islam; 4) untuk mengetahui promosi air minum kemasan Albab dalam etika bisnis Islam. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan) dengan jenis penelitian kualitatif. Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik wawancara, tehnik observasi, dan tehnik dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data (Data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verificition). Adapun keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Dan tahap penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Produk Kapontren Al I`anah, AMDK Albab, secara formal sudah memamakai etika bisnis Islam. Terbukti, memiliki sertifikat label halal.AMDK Albab juga sudah memiliki ijin produk dan sertifikat kesehatan kapontren AMDK tidak menyembunyikan kecacatan produknya dengan cara pembentukan tim untuk menegecek kecacatan produk yang di pasar 2. Penetapan harga AMDK Albab sudah dapat dikatakan adil kerena penetapan harga dimusyawarahkan dengan pengurus kapontren dan pengurus gudang di setiap pasar atau daerah. Selain itu, nilai-nilai etika bisnis Islam dapat diimplementasikan pemeberian diskon harga dengan terbuka di depan penerima diskon, hal ini menjauhi dari hal-hal proses pemanipulasian harga pada costemer; 3.Distribusi AMDK Albab sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Hal itu terlihat dari komitment kapontren untuk mengikut masyrakat sekitar dan alumni untuk pendistribusian.Kapontren juga bekerja sama dengan kepanitian keagaman dalam melakukan distribusi Albab dalam rangka pengembangan kegiatan keagamaan. untuk menjaga penimbunan barang, dalam pendistribusian barang, selain kapontren menerapkan first order agar barang tidak didistribusikan percuma, kapontren juga membuat gudang buffer agar barang tidak tertimbun; 4) Terkai dengan promosi AMDK Albab, dari beberapa promosi yang sudah dilakukan baik dari media-media online, cetak maupun elektronik bisa disimpulkan tidak melanggar etika bisnis Islam. Hal ini selain terlihat dari beberapa promosinya yang tidak ditemukan kata-kata dusta, beberapa promosinya juga tidak mengobral janji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:40
Last Modified: 17 Feb 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18874

Actions (login required)

View Item View Item