IMPLEMENTASI METODE PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RONY CAHYADI, 084 111 043 (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isipdf.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1V.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Rony Cahyadi, 2016: Implementasi Metode Pembinaan Karakter Siswa Melalui
Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di MTs Negeri 2 Jember Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Pengembangan pendidikan karakter dibagi dalam empat pilar, yakni
kegiatan belajar mengajar dikelas; kegiatan keseharian dalam bentuk
pengembangan budaya satuan pendidikan; kegiatan ko-kulikuler; serta kegiatan
keseharian di rumah dan masyarakat. Dalam prakteknya penerapan
pengembangan pendidikan karakter lebih banyak dilakukan di dalam kelas, karena
kelas merupakan tempat siswa mendapatkan suatu pengetahuan baru. Selain
didalam kelas kegiatan ko-kulikuler adalah media yang berpotensi untuk
pembinaan karakter siswa, salah satunya yaitu pembinaan karakter melalui
kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS), dimana OSIS merupakan wadah
bagi siswa untuk menanamkan suatu karakter dan mengembangkan potensi serta
prestasi peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode
keteladanan dalam pembinaan karakter siswa melalui kegiatan Organisasi Siswa
Intra Sekolah di MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana
implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan karakter siswa melalui
kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran
2015/2016? 3) Bagaimana implementasi metode ikon dan afirmasi dalam
pembinaan karakter siswa melalui kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di
MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian ini mengguanakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data
dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan
informan penelitian menggunakan purposive sampling. Analisis data yang
digunakan model Miles dan Huberman meliputi 1) reduksi data 2) penyajian data
3) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan
triangulasi.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Implementasi
metode keteladanan melalui kegiatan OSIS di MTs Negeri 2 Jember dilaksanakan
dengan kegiatan, berupa: a. Keteladanan disengaja (berpakaian rapi; menjunjung
nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan ketua OSIS dan pengurus kelas; kerja
bakti/gotong royong; bersikap ramah dan saling tegur sapa); b. Keteladanan tidak
disengaja antara lain: berbicara sopan; bersikap empati sesama teman. 2)
Implementasi metode pembiasaan melalui kegiatan OSIS di MTs Negeri 2 Jember
berdasarkan program kerja yang telah ditetapkan. Adapun pelaksanaan kegiatan
tersebut, yaitu: a. kegiatan rutin (shalat dhuhur berjamaah, upacara bendera hari
Senin, kerja bakti bersama/Jumat bersih, memperingati hari besar islam); b.
kegiatan spontan (pembentukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada
tempatnya, berbicara sopan). 3) Implementasi metode ikon dan afirmasi melalui
kegiatan OSIS di MTs Negeri 2 Jember yaitu dengan adanya gambar dan kalimatkalimat

positif yang dibuat OSIS MTs Negeri 2 Jember dan ditempelkan di
tembok serta mading sekolah

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMBINAAN KARAKTER SISWA
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:42
Last Modified: 01 Nov 2017 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item