Manajemen Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo.

Wahyuni, Siti (2016) Manajemen Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Wahyuni_0894113067.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual. Pendidikan ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebagaimana dirumuskan dalam tujuan pendidikan nasional berdasar Undang Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Pendidikan tidak lepas dari belajar dan proses pembelajaran. Komisi pendidikan untuk abad 21 melihat bahwa hakikat pendidikan sesungguhnya adalah belajar (learning). Pendidikan berlandaskan empat pilar, yaitu: learning to know, learning to do, learning to live together, learning to live with others, and learning to be.Dalam pembelajaran diperlukan sebuah manajemen supaya pembelajaran berjalan dengan sistematis, efektif dan efesien. Pembelajaran abad ini menggunakan pendekatan konstekstual. yang mengaitkan antara materi ke dalam situasi kehidupan yamh itu akan lebih membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang perencanaan pembelajaran kontekstual mata pelajaran fikih di MA Negeri 1 Situbondo, pelaksanaan pembelajaran kontekstual mata pelajaran fikih di MA Negeri 1 Situbondo, dan evaluasi pembelajaran kontekstual mata pelajaran fikih di MA Negeri 1 Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan diskusi teman sejawat. Adapun hasil penelitian tentang perencanaan pembelajaran kontekstual mata pelajaran fikih yaitu mengadakan rapat sebelum awal tahun ajaran baru bersama kepala sekolah, waka kurikulum, dan dewan guru. Menyusun rencana pembelajaran yang disebut dengan perangkat pembelajaran. Ada beberapa perencanaan yaitu perencanaan permulaan, perencanaan tahunan (prota), perencanaan hari pertama seperti guru menyiapkan bahan ajar, perencanaan terus menerus artinya guru mempunyai strategi alternatif jika tidak sesuai dengan perencanan awal dan perencanaan ini bersifat fleksibel, perencanaan bersama artinya perencanaan ini merupakan tanggung jawab bersama, perencanaan jangka panjang (promes), perencanaan pengajaran unit (silabus), perencanaan harian dan mingguan (RPP), dan rencana kerja harian (jurnal). Adapun pelaksanaannya yaitu Pelaksanaan pembelajaran di MA Negeri 1 Situbondo meliputi: Kegiatan pendahuluan yaitu guru memulai pelajaran dengan salam, dan menginformasikan materi serta tujuan yang akan dicapai. Kegiatan inti yaitu proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar. Kegiatan inti dalam proses pembelajaran meliputi materi yang diberikan, pengkondisian kelas, strategi yang digunakan, media yang digunakan, motivasi, minat, dan kreativitas siswa digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id dalam mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan penutup yang dilakukan yaitu dengan guru dan siswa merangkum materi secara bersamaan, kadang guru menutup pembelajaran dengan penugasan kepada siswa, dan kadang pula melakukan tanya jawab sebagai penutup pembelajaran dan ingin mengetahui hasil dari pelajaran tersebut. Setelah itu menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Terakhir guru mengucapkan salam penutup. Adapun evaluasi di MA Negeri 1 Situbondo bahwa proses evaluasi dilakukan setiap saat ketika pembelajaran berlangsung baik berupa penilaian secara lisan maupun secara tulisan. Bentuk evaluasi yang dilakukan berupa tanya jawab, penugasan, keaktifan siswa, ulangan harian siswa, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, remidi, dan pengayaan. Proses evaluasi ini dilakukan oleh guru mata pelajaran fikih sendiri. Hasil dari evaluasi siswa dibukukan dalam rapot siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:30
Last Modified: 20 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18923

Actions (login required)

View Item View Item