Strategi Pemasaran dan Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Toko Basmalah Tempurejo).

Badriyah, Afidatul (2020) Strategi Pemasaran dan Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Toko Basmalah Tempurejo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afidatul Badriyah_D20164033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seluruh kaum muslimin dibebankan untuk melakukan dakwah sesuai dengan profesi masing-masing muslimin. Termasuk didalamnya adalah berprofesi sebagai seorang marketing. Ketika muslimin melakukan aktivitas pemasaran maka tidak lepas dengan tugas sebagai seorang da’i untuk melakukan dakwah yang memiliki arti seorang da’i berprofesi dibidang pemasaran. Toko Basmalah merupakan salah satu toko bisnis yang bisa disebut toko retail atau toko grosir dengan menggunakan sistem syari’ah, yang memiliki tujuan selain untuk mendapatkan laba juga ingin berdakwah atau mengajak masyarakat atau konsumen dalam mematuhi perintah allah SWT yaitu dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi Larangan Allah SWT. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen di Toko Basmalah Temprejo? 2) bagaimana etika bisnis islam dalam meningkatkan minat beli konsumen di Toko Basmalah Tempurejo? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi pemasaran yang di pakai oleh Toko basmalah Tempurejo dalam meningkatkan minat beli dan juga untuk menjelaskan etika bisnis islam yang di pakai toko basmlah tempurejo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian study kasus yang bersifat deskriptif, mendeskripsikan strategi pemasaran dan etika bisnis islam yangdilakukan oleh toko Basmalah Tempurejo untuk meningkatkan miat beli konsumen. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Basmalah Tempurejo yaitu dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran yakni segmentasi, targetting dan positioning serta menggunakan bauran pemasaran yakni: produk, harga, tempat, dan promosi 2) etika bisnis islam yangdigunakan oleh toko Basmalah tempurejo dengan menggunakan prinsip-prinsip etika bisnis islam yakni : ketauhidan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, kebenaran serta ihsan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:36
Last Modified: 20 Feb 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18931

Actions (login required)

View Item View Item