Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurudz Dzolam Sumber Wringin Sukowono Jember Tahun 2015.

Ummah, Faikatul (2015) Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurudz Dzolam Sumber Wringin Sukowono Jember Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIKATUL UMMAH _084 111 250.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepandaian membaca Al-Qur’an tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar-mengajar, baik itu berkenaan dengan metode yang diterapkan. Namun, adanya waktu khusus mengenai implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an menunjukkan bahwa supaya penerapan metode drill bisa berjalan lebih efektif dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Yaitu untuk mencapai peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah: 1). Implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, 2). Implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid, 3). Implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca alQur’an dengan kaidah makharijul huruf di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)Nurudz Dzolam Sumber Wringin Sukowono Jember tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan kaidah tajwid, untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan kaidah makharijul huruf Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurudz Dzolam Sumber Wringin Sukowono Jember tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dilaksanakan dengan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kaidah ilmu Tajwid dan kaidah makharijul huruf.Implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan kaidah tajwid diterapkan pada kelas dasar sampai kelas tertinggi. Dengan menggunakan tanya jawab secara individual dan klasikal. Dan juga menggunakan pemberian tugas secara individual. Implementasi metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan kaidah makharijul huruf diterapkan pada kelas satu sampai kelas enam. Dan lebih ditekankan pada kelas satu sampai kelas tiga karena panduan yang digunakan, menggunakan buku iqro’ sedangkan kelas empat sampai kelas enam menggunakan kitab hidayatus shibbyan. Dan metode drill yang diterapkan menggunakan tanya jawab secara individual dan klasikal juga pemberian tuggas secara individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item