Metode Pembelajaran Menghafal Al-Qur`an Pada Tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember

Hamdiyah, Heni (2015) Metode Pembelajaran Menghafal Al-Qur`an Pada Tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Heni Hamdiyah_084 111 113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur `an bagi sebagian orang normal adalah sulit, salah satu kesulitan tersebut dikarenakan belum menemukan metode yang tepat untuk digunakan. bagi penyandang Tunanetra dalam mempelajari Al-Qur’an tentu tidaklah mudah pastilah lebih sulit dibandingkan dengan orang yang awas karena mereka akan membutuhkan alat bantu lain tidak seperti orang yang awas, namun demikian pada kenyataannya ternyata tidak sedikit dari penyandang Tunanetra justru bisa menghafal Al-Qur’an dengan lebih baik dibandingkan dengan orang yang awas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah metode pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember? 3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur-an “Nahdlatuth Thalabah” Kesilir Wuluhan Jember. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisa deskriptif kualitatif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra yaitu dengan menata niat dan tidak menggunakan mengaji binadzar namun diwajibkan mengikuti metode Yanbu`a 2) pelaksanaan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra yaitu menggunakan dua jenis mushaf dan menggabungkan metode menghafal modern dan klasik, hambatan dari pelaksanaan metode pada santri tunanetra dalam menghafal ketika tidak adanya pembantu dalam menghafal dan ketika timbul rasa malas 3) evaluasi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur`an pada tunanetra yaitu dengan metode tasmi` dan takrir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:44
Last Modified: 22 Feb 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19031

Actions (login required)

View Item View Item