Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Nur Indah Abadi Kencong.

Azizah, Nurul (2015) Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Nur Indah Abadi Kencong. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Azizah_083 102 006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berawal dari Indonesia yang telah berdiri Perbankan Syariah yang ditetapkan oleh pemerintah bahwa perbankan Indonesia diperbolehkan menggunakan sistem bagi hasil. Sehingga munculah perbankan yang menerapkan sistem syariah pertama kali di Indonesia adalah Bank Muamalat Indonesia. Ditengah perkembangan masyarakat muslim yang mulai sadar akan membutuhkan pengelolaan syariah, maka lahirlah Koperasi Syariah yang menerapkan prinsipprinsip berdasarkan syariah.Seperti Koperasi Jasa Keuangan syariah yang membangun kesejahteraan melalui lembaga keuangan syariah dan ekonomi non ribawi yang halal dengan produk-produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Mengingat perkembangan dan persaingan pasar yang semakin ketat maka pemasaran menjadi kebutuhan pada lembaga. Dalam KJKS Nur Indah abadi Kencong, penulis menemukan produk yang ditawarkan kepada nasabah berupa dua macam produk yaitu Produk Simpanan dan Produk Pembiayaan. Dari kedua produk tersebut tidak mudah untuk menghadapi persaingan pasar. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam pengembangan produk Koperasi Jasa Keuangan Syariah Nur Indah abadi Kencong. Pokok masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana strategi pemasaran dalam pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Nur Indah Abadi Kencong?. Sedangkan sub pokok masalah yaitu 1) Apa saja cara yang dipakai dalam strategi pemasaran KJKS Nur Indah Abadi?, 2) Bagaimana cara mengembangkan produk yang di tawarkan KJKS Nur Indah Abadi? Tujuan umum penelitian dalam skripsi yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam pengemangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Nur Indah Abadi Kencong. Sedangkan tujuan khusus yaitu 1) untuk mengetahui cara yang dipakai dalam strategi pemasaranKJKS Nur Indah Abadi Kencong., 2) untuk mengetahui cara mengembangkan produk yang ditawarkan KJKS Nur Indah Abadi Kencong. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi pemasaran dalam yang ditawarkan oleh KJKS Nur Indah Abadi Kencong yaitu dengan memberikan pelayanan secepatnya dengan sistem tidak memberatkan anggota koperasi. Dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat, maka KJKS membuka unit kantor cabang ke beberapa daerah dan menawarkan produk-produknya seperti Simpanan Harian Amanah, Simpanan Berjangka Mudharabah dan Pembiayaan kepada masyarakat serta memberikan bagi hasil yang di dapat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:06
Last Modified: 22 Feb 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19072

Actions (login required)

View Item View Item