Strategi Pemasaran PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember Dalam Menarik Calon Nasabah Baru Pada Produk Pembiayaan Mikro.

Santosa, Rois Yanto (2015) Strategi Pemasaran PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember Dalam Menarik Calon Nasabah Baru Pada Produk Pembiayaan Mikro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rois Yanto Santosa_083 102 030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember Dalam Menarik Calon Nasabah Baru Pada Produk Pembiayaan Mikro”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab, Bagaimana Strategi pemasaran PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember dalam menarik calon nasabah baru pada produk pembiayaan mikro, dan apa saja kendala yang dihadapinya. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian penelitian ini di PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember dengan Subyek penelitiannya Kepala Cabang dan beberapa karyawan/ staf di BRI Syariah Kantor Cabang Jember. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yakni, wawancara semistruktur (semistructure interview), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu anlisis data kualitatif deskriptif. Bagian terakhir dalam menguji kredibilitas data Penliti memilih keabsahan data teknik Triangulasi sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi pemasaran PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember dalam menarik calon nasabah baru pada produk pembiayaan mikro, dan untuk mengetahui apa saja kendala yang di hadapai PT. BRI Syariah dalam menarik nasabah baru dalam produk pembiyaan mikro. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi pemasaran PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember dalam memasarkan produk pembiayaan kepada calon nasabah baru mengunakan bauran pemasaran yaitu, product, price, place, dan promotion, dengan mengunakan bauran pemasaran, jumlah nasabah pembiayaan mikro PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember kurang lebih 1780 nasabah pembiayaan mikro. Adapun kendala-kendala yang dihadapi yaitu, PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember yang masih baru, kurangnya sumber daya manusia, pengetahuan masyarakat masih minim tentang PT. Bank BRI Syariah Syariah Kantor Cabang Jember. Dalam memasarkan produk pembiayaan mikro PT. BRI Syariah memelakukan strategi pengolalaan harga dengan strategi 25iB, 75 iB dan 500 iB disarankan: hendaknya PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember semakin aktif dalam bidang pemasaran, hal ini dikarenakan banyak masyarakat luas yang belum mengetahui tentang sistem perbankan syariah serta produk-produknya, terutama produk pembiayaan mikro serta menambah jumlah tenaga kerja baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:44
Last Modified: 23 Feb 2023 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19075

Actions (login required)

View Item View Item