Strategi Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim di Desa Sempolan Kecamatan Silo Jember.

Gufron, Tanzikul (2015) Strategi Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim di Desa Sempolan Kecamatan Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tanzilul Gufron_083 112 066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Islam adalah suatu agama bagi umat manusia yang mengatur cara hidupnya di dunia dan di akhirat kelak. Islam menuntut setiap manusia bekerja keras untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia tanpa harus meninggalkan kebahagiaan di akhirat. Salah satu kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli di pasar. Keberadaan pasar, khususnya pasar tradisional merupakan indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi pasar tradisional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Sempolan Kecamatan Silo Jember? Tujuan penelitiannya untuk mendeskripsikan strategi pasar tradisional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Sempolan Kecamatan Silo Jember. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang yang diamati, penelitian ini menggunakan teknik purposive, yang dilakukan dengan cara mengambil subyek berdasarkan tujuan tertentu, sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, interview, dan dokumenter. Hasil penelitian yang terkumpul kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan menggunakan deskriptif. Selanjutnya untuk melihat keabsahan/ validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum Strategi pasar tradisional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Sempolan Kecamatan Silo merupakan stategi yang dilakukan para pelaku pasar Desa Sempolan dalam berinteraksi untuk menjaga kelangsungan perekonomian masyarakat tersebut dengan cara menjaga kepercayaan konsumen yaitu tidak mengurangi takaran/timbangan, transparan dengan mutu barang dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Sempolan Kecamatan Silo setelah adanya pasar tradisional lebih meningkat karena dengan adanya pasar mampu menyerap tenaga kerja dan meningkatkan penghasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:44
Last Modified: 23 Feb 2023 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19078

Actions (login required)

View Item View Item