Penguatan Nilai-Nilai Ahlussunnah Waljama’ah melalui Pembelajaran Buku Ke-Nahdlatul Ulama’-an pada Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Suhada, Ahmad (2019) Penguatan Nilai-Nilai Ahlussunnah Waljama’ah melalui Pembelajaran Buku Ke-Nahdlatul Ulama’-an pada Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Suhada_T20151255.pdf

Download (5MB)

Abstract

Banyaknya paham radikalisme membuat resah masyarakat akhir-akhir ini. Diperlukan suatu solusi untuk menghambat maupun menghentikan paham radikal tersebut. Ahlussunnah Waljama’ah dapat dijadikan solusi dalam problem tersebut. Karena ahlussunnah waljama’ah merupakan ajaran agama Islam yang murni berasal dari Rosulullah dan para sahabatnya. Sehingga melalui pembelajaran dalam bentuk penguatan, ahlussunnah waljama’ah mampu menjadi barometer untuk menangkal dan memberantasi paham radikal khususnya dikalangan pelajar. Fokus penelitian yang dalam penelitian ini ialah meliputi: 1) Bagaimana penguatan nilai Tawassuth melalui pembelajaran buku ke-Nahdlatul Ulama’-an pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Jenggawah tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana penguatan nilai Tawazun melalui pembelajaran buku ke-Nahdlatul Ulama’-an pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Jenggawah tahun pelajaran 2019/2020?. 3) Bagaimana penguatan nilai Tasamuh melalui pembelajaran buku ke-Nahdlatul Ulama’-an pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Jenggawah tahun pelajaran 2019/2020?. 4) Bagaimana penguatan nilai I’tidal melalui pembelajaran buku ke-Nahdlatul Ulama’-an pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Jenggawah tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penguatan Nilai-Nilai Ahlussunnah Waljama’ah melalui Pembelajaran Buku Ke-Nahdlatul Ulama’-an pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Jenggawah tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi fokus masalah tersebut, maka pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatannya menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Sesuai dengan jenis penelitian tersebut pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggukan purposive, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif interaktif model Miles dan Huberman, sedangkan untuk pengecekan keabasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Nilai Tawassuth merupakan sikap moderat, tidak ekstrem ke kanan dan juga tidak ekstrem ke kiri. Penguatan yang dilakukan secara verbal seperti “bagus sekali” dan dipadukan dengan metode ceramah dan metode tanya jawab. 2) Nilai Tawazun adalah sikap menjaga keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat. Penguatan yang dilakukan secara non verbal seperti tepuk tangan, dengan menggunakan metode kerja kelompok. 3) Nilai Tasamuh adalah sikap toleransi yaitu saling menghargai satu dengan lainnya. Penguatan yang dilakukan dengan menggunakan metode diskusi sebagai bentuk latihan siswa menghargai pendapat dan diperkuat dengan metode tanya jawab.4) Nilai I’tidal merupakan sikap adil yaitu mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Penguatan yang dilakukan melalui penugasan dan manajemen resiko serta metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:42
Last Modified: 23 Feb 2023 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item View Item