Kamilah, Anisatul (2018) Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Masyarakat Awam Teknologi di Bank Mandiri KCP Jember Sukowono. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Anisatul Kamilah_083133040.pdf Download (3MB) |
Abstract
Strategi pemasaran adalah bagian dari lingkungan serta terdiri dari berbagai rangsangan fisik dan sosial. Termasuk di Dalam rangsangan tersebut adalah produk dan jasa, materi promosi (iklan), tempat pertukaran (toko eceran), dan informasi tentang harga (label harga yang ditempel pada produk). Dalam pemasaran, sebenarnya terdapat juga penyesuaian dan koordinasi antara produk, harga, saluran distribusi, dan promosi untuk menciptakan hubungan pertukaran yang kuat dengan langganan. Jadi, harus sesuai dengan kualitas produk, saluran distribusi harus sesuai dengan harga dan kualitas produk, dan promosi harus sesuai dengan saluran, harga, dan kualitas produk. Konsep pemasaran ini sudah mengalami perkembangan bersamaan dengan semakin majunya masyarakat dan teknologi. Kalau perusahaan ingin berhasil atau bahkan dapat hidup terus, ia harus dapat menanggapi cara-cara atau kebiasaan-kebiasaan dalam masyarakatnya. Faktor-faktor ekstern seperti ekologi, politik, hukum, ekonomi dan sebagainya dapat mempengaruhi program pemasaraan perusahaan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran bank pada masyarakat awam teknologi?, (2) Apa saja kendala dalam strategi pemasaran bank pada masyarakat awam teknologi? (3) Bagaimana solusi strategi pemasaran bank pada masyarakat awam teknologi? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran bank pada masyarakat awam teknologi. (2) Untuk mengetahui kendala dalam strategi pemasaran bank pada masyarakat awam teknologi. (3) Untuk mengetahui bagaimana solusi strategi pemasaran bank pada masyarakat awam teknologi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penilitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi , wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan di Bank Mandiri KCP Jember Sukowono, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pada strategi pemasarannya Bank Mandiri KCP Jember Sukowono menggunakan dua cara yaitu melalui door to door dan brosur, hal ini digunakan karena banyaknya dari pangsa pasar yang dituju adalah mayoritas petani dan masih banyak yang awam terhadap perkembangan teknologi. Jadi dengan cara door to door ini nasabah dengan mudah bertanya kepada marketing tentang apa yang belum dapat dipahami dan marketing juga dapat mengenali kebutuhan apa yang cocok untuk ditawarkan kepada calon nasabah dan brosur sebagai bukti jika yang ditawarkn oleh marketing benar-benar ditawarkan di Bank Mandiri. 2) Kendala yang dihadapi ketika memasarkan produk-produk Bank Mandiri adalah minimnya pengetahuan nasabah, bahasa yang terkadang sulit untuk dikomunikasikan , jarak rumah ke Bank Mandiri yang jauh karena pemasar Bank Mandiri sampai ke pelosok desa dan banyaknya pesaing yang juga menawarkan produk yang sama dengan Bank Mandiri KCP Jember Sukowono. 3) Solusi yang dilakukan Bank Mandiri untuk menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah yaitu dengan memberikan pemahaman kepada nasabah jika untuk tidak menggunakan calo/ pihak ke tiga dalam melakukan pinjaman karena persyaratan yang tidak sulit, dengan mengenali kebutuhan nasabah pasti nasabah merasa butuh dengan produk yang ditawarkan, menawarkan produk-produk Bank Mansiri dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga nasabah mengerti dengan apa yang ditawarkan dan harus lebih cepat dan pintar menawarkan produkproduk Bank Mandiri sehingga lebih cepat dari pesaing dan menjelaskan keunggulankeunggulan produk yang ditawarkan sehingga lebih menarik minat nasabah. Kata kunci : strategi pemasaran pada masyarakat awam teknologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 07:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 07:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19267 |
Actions (login required)
View Item |