Analisis dimmensi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah PT.Pegadaian (persero) cabang Jember

Zahro, Azizatus (2018) Analisis dimmensi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah PT.Pegadaian (persero) cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Azizatus Zahro_083143065.pdf

Download (93MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada : a) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember?. b) Apa factor pendukung dan penghambat dari dimensi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : a) Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember b) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat dari dimensi strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah PT. Pegadaian (Persero) cabang Jember ini ada 3 strategi yaitu :Peningkatan mutu pelayanan, Optimalisasi outlet dan economic sharing. Paling menarik minat nasabah economic sharing disamping economic sharing ada yang namanya program PDS, jadi nasabah tidak perlu datang ke pegadaian lagi cukup menggunakan HP dan aplikasi PDS sudah bias bertransaksi, maka dari itu nasabah banyak yang menyukai strategi ini. b) Faktor pendukung strategi pemasaran seluruh sumber daya manusia bergerak bersama, latar pendidikan yang dimiliki D3 keatas, produk mudah dikembangkan bisa dinikmati dari kalangan atas kalangan bawah. Sedangkan faktor penghambat kendala di lapangan literasi kurang karena jumlah personil kurang akibatnya banyak orang yang tidak tau tentang pegadaian. Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:44
Last Modified: 28 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19274

Actions (login required)

View Item View Item