implementasi Relationship Marketing terhadap Saving Customer Loyalty studi pada PT. BPR Syariah Situbondo.

Ansori, Hafid (2018) implementasi Relationship Marketing terhadap Saving Customer Loyalty studi pada PT. BPR Syariah Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafid Ansori_083133170.pdf

Download (13MB)

Abstract

Dunia usaha bersifat dinamis yang mudah untuk mengalami perubahan sesuai dengan situasi dan kondisi pada lingkungan yang menjadi target suatu usaha. Dinamisnya kondisi usaha mengharuskan perusahaan untuk merespon adanya perubahan tersebut agar roda usaha tetap berjalan maka perusahaan harus melakukan proses marketing. Relationship marketing merupakan konsep dasar dalam penelitian ini yaitu menjaga hubungan baik dengan nasabah dan ikatan jangka panjang antara perusahaan dan nasabah yang dapat menciptakan kesadaran, loyalitas dalam bentuk hubungan dan komitmen yang menyeluruh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap saving customer loyalty pada PT. BPR Syariah Situbondo? (2) berapa besar pengaruh relationship marketing terhadap saving customer loyalty PT. BPR Syariah Situbondo? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap saving customer loyalty pada PT. BPR Syariah Situbondo. (2) untuk mengetahui besar pengaruh Relationship Marketing terhadap saving customer loyalty pada BPR Syariah Situbondo. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Metode analisis yang di gunakan adalah uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan koefisien determinasi (R Square). Berdasarkan hasil pengujian secara parsial terdapat pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty PT BPR Syariah Situbondo. dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan, besar pengaruh yang dihasilkan dari Uji Adj R Square yakni sebesar 41,0% sedangkan sisanya 59% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata Kunci:Relationship Marketing, Saving Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:44
Last Modified: 28 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item