Strategi Promosi Tabungan Simpatik Studi Kasus Bank Syariah Mandiri(BSM) KC Situbondo.

Ikaromah, Hifdiyatul (2018) Strategi Promosi Tabungan Simpatik Studi Kasus Bank Syariah Mandiri(BSM) KC Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hifdiyatul Ikaromah_083 143 093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri merupakan bank milik pemerintah pertama yang melandaskan operasionalnya pada prinsip syariah. Secara struktural, Bank Syariah Mandiri (BSM) berasal dari Bank Susila Bakti (BSB), sebagai salah satu anak perusahaan di lingkup Bank Mandiri (exBDN) yang kemudian dikonversikan menjadi bank syariah secara penuh.Sebagai lembaga keuangan yang sudah lama didirikan, untuk itu BSM memerlukan langkah-langkah dan strategi untuk mengembangkan perusahaannya dengan cara strategi promosi produk dan memperkenalkan pada calon nasabah masalah produk yang ada di BSM. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana strategi promosi Bank Syariah Mandiri KC Situbondo untuk memperkenalkan tabungan simpatik, b) Bagaimana dampak strategi promosi terhadap pertumbuhan tabungan simpatik di Bank Syariah Mandiri KC Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui strategi promosi Bank Syariah Mandiri KC Situbondo untuk memperkenalkan tabungan simpatik, b) Untuk mengetahui dampak strategi promosi terhadap pertumbuhan tabungan simpatik di Bank Syariah Mandiri KC Situbondo. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan metode purposive, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian bahwa: 1.) Strategi promosi pada sektor pendanaan salah satunya tabungan simpatik yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri adalah periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas. 2.) Dampak dari strategi promosi disini menunjukkan tabungan simpatik diminati nasabah dan sudah mencapai target setiap bulannya. Jadi dari bauran promosi tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan tabungan simpatik. Dan tabungan simpatik termasuk tabungan yang paling murah diantara tabungan yang lainnya di Bank Syariah Mandiri, dan tabungan simpatik memakai akad wadiah yad dhamanah. Kata Kunci: Strategi, Promosi, Tabungan Simpatik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:45
Last Modified: 28 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item