Strategi Peningkatan Loyalitas Nasabah di PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember

Anggraini, Lely Septi (2018) Strategi Peningkatan Loyalitas Nasabah di PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lely Septi Anggraini_083133076.pdf

Download (3MB)

Abstract

PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember yang berlokasi di jalan Ahmad Yani No. 76A merupakan pegadaian syariah di Jember yang terletak di pusat keramaian masyarakat, yaitu bersebelahan dengan pasar dan ruko-ruko, hal tersebut mendukung PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember dan proses pemasaran produknya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana strategi pelayanan yang dilakukan PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember untuk meningkatkan loyalitas nasabah?, 2. Bagaimana pendapat nasabah mengenai pelayanan di PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember?. Penelitian ini bertujuan, 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pelayanan yang dilakukan PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember untuk meningkatkan loyalitas nasabah, 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendapat nasabah mengenai pelayanan di PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember. Penyusunan penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember . Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi partisipatif pasif ketempat penelitian dan wawancara dengan pihak PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember yang mempunyai tanggungjawab terhadap peningkatan loyalitas nasabah. Hasil dari penelitian ini, 1. Strategi pelayanan yang dilakukan PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember untuk meningkatkan loyalitas nasabah sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan perusahaan dan mengalami peningkatan nasabah 5-10% setiap bulannya, 2. Pendapat nasabah mengenai pelayanan di PT. Pegadaian Persero Unit Usaha Syariah KC Jember positif, nasabah puas dengan pelayanannya. Kata kunci : Strategi, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:45
Last Modified: 28 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19304

Actions (login required)

View Item View Item