analisis strategi pemasaran kredit pensiunan di Koperasi Nusantara di KC Situbondo

Widyastutik, Mita (2018) analisis strategi pemasaran kredit pensiunan di Koperasi Nusantara di KC Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mita Widyastutik_083 143 271.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kredit pensiun Koperasi sebagai ladang bisnis koperasi dianggap sebagai segment yang potensial dikarenakan pembayaran pensiun di Indonesia khususnya Penerima pensiun dengan populasi + 3 juta yang tersebar di seluruh pelosok negeri ini memang bukan jumlah yang sedikit, jumlah yang cukup besar ini menjadi daya tarik yang memikat bagi kalangan koperasi. Seiring berjalannya waktu, produk kredit pensiunan pun mengalami perkembangan. Hal itu menyebabkan tidak sedikit dari Bank atau Koperasi yang menawarkan produk ini. Dengan adanya persaingan antar Koperasi di Situbondo, maka menuntut Koperasi Nusantara KC Situbondo memiliki strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran ini dirancang dengan menganalisis persaingan sesama perusahaan dalam industri yang ada. Strategi pemasaran tersebut tidak terlepas dari kondisi lingkungan perusahaan. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada : a) Bagaimana strategi pemasaran kredit pensiun oleh KOPERASI NUSANTARA KC Situbondo?. b) Bagaimana kondisi lingkungan industri KOPERASI NUSANTARA KC Situbondo? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Menyusun strategi pemasaran untuk kredit pensiun oleh KOPERASI NUSANTARA KC Situbondo dan mengidentifikasi kondisi lingkungan industri di KOPERASI NUSANTARA KC Situbondo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dokumenter. Analisis data kualitatif dilakukan seara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Strategi pemasaran kredit pensiun yang ada pada Koperasi Nusantara Kantor Cabang Situbondo yaitu strategi pemasaran primer dengan cara ambil alih (take over) dari bank bukopin dan strategi pemasaran sekunder dengan cara memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada pelanggan serta mengambil posisi berhadapan (head to head positioning) dan dengan mengunjungi target untuk menawarkan (Door to door) ) produk kredit pensiunan serta consumer menunjukkan bukti data pensiun. b) Kondisi lingkungan industri KOPERASI NUSANTARA KC Situbondo berbagai perusahaan yang bersaing satu sama lain untuk para konsumen yang menginginkan produknya, keunggulan Koperasi Nusantara untuk bunganya rendah sebesar 0,3% dikarenakan jaminan yang dipersyaratkan untuk anggota kredit pensiunan ialah SK asli dan jangka waktunya lebih panjang, sedangkan berbeda dengan Koperasi Karya Sejahtera, Koperasi Karya Sejahtera untuk bunga kredit pensiunan yaitu sebesar 3% lebih tinggi dikarenakan jaminan SK yang dipersyaratkan untuk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:46
Last Modified: 28 Feb 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19315

Actions (login required)

View Item View Item