Pengembangan E-Book (Flipbook Maker) IPA Terpadu Materi Energi dalam Sistem Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP.

Saidah, Nur (2019) Pengembangan E-Book (Flipbook Maker) IPA Terpadu Materi Energi dalam Sistem Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Saidah_T201510008.pdf

Download (15MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan faktor penting yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan di sekolah yaitu buku teks berbentuk cetak dan elektronik yang disebut dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Namun dalam penggunaannya, BSE memiliki kelemahan yakni BSE yang dikemas dalam bentuk e-book masih seperti buku yang lainnya. Semestinya BSE dapat menampilkan simulasi berupa video offline, serta dilengkapi dengan audio sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Untuk mengatasi kelemahan BSE tersebut maka diperlukan media pendukung yang dapat melengkapi BSE yaitu aplikasi multimedia flipbook maker. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan suatu bahan ajar berupa e-book (flipbook maker) IPA Terpadu untuk siswa SMP yang valid sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana validitas pada e-book (flipbook maker) IPA terpadu materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII SMP.?, 2) Bagaimana respon siswa terhadap e-book (flipbook maker) IPA terpadu materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII SMP.?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap e-book (flipbook maker) IPA terpadu materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Jember pada kelas VII dengan jumlah 32 siswa. Merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D (four- D model) yang mengadaptasi dari Thiagarajan. Terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) tahap pendefinisian. (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan (4) tahap penyebaran, namun penelitian ini hanya dibatasi pada tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan terdapat kegiatan validasi melibatkan lima validator untuk menilai validitas materi dan media dan kegiatan uji coba dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan, dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji coba kelompok kecil sebanyak 6 siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 32 siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, hasil validasi dari ahli materi dan media diperoleh kriteria sangat valid dengan persentase ahli materi 85.74% dan ahli media 88.04%. Untuk respon siswa kelompok kecil dan besar diperoleh kriteria sangat menarik/sangat setuju dengan persentase skor untuk kelompok kecil sebesar 90.44% dan kelompok besar sebesar 91.046%. Dengan demikian, bahan ajar berupa e-book (flipbook maker) IPA terpadu materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII SMP dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-Book, Flipbook Maker, IPA Terpadu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0899 Other Information and Computing Sciences > 089999 Information and Computing Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19460

Actions (login required)

View Item View Item