Manajmen Pemasaran Produk Agribisnis dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember Panti Jember.

Ayun, Qurrotu (2019) Manajmen Pemasaran Produk Agribisnis dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember Panti Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrotu Ayun_T20153080.pdf

Download (8MB)

Abstract

Melalui manajemen pemasaran sebagai wadah kegiatan pemasaran kopi disebuah pesantren menjadikan membaharuan system dengan pemanfaat potensi dan kearifan local. Manajemen Pemasaran Produk agribisnis merupakan proses merefleksikan kebutuhan, keinginan dan permintaan produk kopi melalui perencanaan, strategi dan evaluasi dengan menggunakan sumber daya yang ada yang secara efektif dan efisien dalam meningkatkan tenaga pendidik, santri, serta sarana dan prasarana untuk menumbuhkan potensi yang ada dipesantren al-Hasan Panti Jember Panti Jember. Fokus penelitian pada penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember. 2) Bagaimana strategi pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember. 3) Bagaimana evaluasi pemasaran pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember? Tujuan penelitian ini diadakan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember. 2) Mendeskripsikan strategi pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember. Dan 3) Mendeskripsikan evaluasi pemasaran pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di Pesantren Al-Hasan Panti Jember. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Pesantren Al-Hasan Panti Jember IV Jalan Teropong Bintang No. 1 Desa Kemiri Panti Kabupaten Jember. Subyek penelitian meliputi pengasuhpesantren/ Kyai, Pengurus Pesantren / Tim Pemasaran, Ustadzah, Santri dan Mayarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi non partisipan, metode wawancara yang digunakan semi terstruktural dan documenter. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data Miles dan Hubermen yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kebsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian dari penelitian ini, 1) Perencanaan pemasaran produk agribisnis dalam pengembang lembaga pendidika dipesantren Al-Hasan Panti Jember yakni Pertama, kyai membentuk dua tim perencanaan pemasaran; Kedua, actor yang terlibat dalam perencanaan yakni santri dan alumni pesantren al-Hasan Panti Jember; Ketiga, tim melakukan analisis situasi tujuan, target, segmen pasar dan memilih strategi yang cocok dengan segmen pasar, pengembangan pemasaran produk agribisnis untuk mengembangan lembaga pendidikan Islam di pesantren al-Hasan Panti Jember. 2) Strategi pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di pesantren al-Hasan Panti Jember digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii yakni Pertama, menenetukan harga yang terjangkau sesuai segmen pasar; Kedua, menentukan tempat pemasaran yang strategis, dekat dengan segmen pasar dan produksi; Ketiga, startegi promosi melalui siaran radio, media social, retell ke segmen pasar secara langsung. 3) Evaluasi pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di pesantren Al-Hasan Panti Jember yaitu yaitu Pertama, actor penilai keberhasilan dan tidakkeberhasilan pemasaran adalah kyai, ketua tim santri dan ketua tim alumni; Kedua, sebtansi yang dinilai merujuk ke tujuan, targe dan kinerja SDM yang terlibat dalam pemasaran produk agribisnis dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di pesantren al-Hasan Panti Jember. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Agribisnis, Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19463

Actions (login required)

View Item View Item